Sukses

Flek Pada Pengguna KB Suntik

05 Feb 2015, 00:05 WIB
Wanita, 19 tahun.

dok, saya seorang ibu dr anak berusia 1y2m, sejak melahirkan smp sekarang saya baru haid 1x, terkadang hanya keluar flek saja selama seminggu atau lebih, saya pake kb suntik/3bulan sekali. yg saya ingin saya tanyakan, saya sudah meminum berbagai macam obat dan jamu, tp haid tak pernah datang, jika ini kb alami, bagaimana cara agar tetap datang haid ? saya benar" merasa tidak nyaman mengingat sebelum menikah dan hamil haid saya selalu teratur tiap bulannya. terimakasih.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Siklus haid setelah melahirkan  dapat kembali normal dalam waktu 2-24 bulan setelah melahirkan secara perlahan-lahan atau setelah Anda tidak menyusui kembali(bervariasi pada tiap orang).

Kontrasepsi suntikan merupakan salah satu metode kontrasepsi hormonal yang banyak digunakan. Kontrasepsi suntikan terdiri dari KB 1 bulan dan KB 3 bulan.

KB 3 bulan merupakan kontrasepsi hormonal yang mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistem hormon di dalam tubuh.

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Berikut merupakan beberapa keuntungan penggunaan KB suntik 3 bulan

  • Resiko terhadap kesehatan kecill
  • Tidak berpengaruh pada hubungan suami istri
  • Tidak di perlukan pemeriksaan dalam
  • Jangka panjang
  • Efek samping sangat kecil
  • Klien tidak perlu menyimpan obat suntik

Kerugian KB suntik 3 bulan

  • Gangguan haid. Siklus haid memendek atau memanjang, perdarahan yang banyak atau sedikit, spotting, tidak haid sama sekali.
  • Tidak dapat dihentikan sewaktu-waktu
  • Permasalahan berat badan merupakan efek samping tersering
  • Terlambatnya kembali kesuburan setelah penghentian pemakaian
  • Terjadi perubahan pada lipid serum pada penggunaan jangka panjang
  • Pada penggunaan jangka panjang dapat menurunkan densitas tulang
  • Pada penggunaan jangka panjang dapat menimbulkan kekeringan pada vagina, menurunkan libido, gangguan emosi, sakit kepala, nervositas, dan jerawat.

Biasanya suntikan diberikan dalam 5 hari pertama siklus menstruasi Anda. Dalam hal ini, kontrasepsi menjadi efektif dengan segera. Namun, jika diberikan setelahnya, Anda perlu menunggu 7 hari sebelum bisa melakukan hubungan seks tanpa kondom.

Bila Anda merasa tidak nyaman dengan penggunaan KB yang saat ini digunakan maka Anda dapat mengganti metode kontrasepsi tersebut. Pergantian kontrasepsi tentu saja dapat dilakukan jika memang diperlukan, misalkan karena efek samping yang kurang dapat diatasi. Hal ini sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter Anda. Jika keluhan dirasakan sangat menganggu, kami sarankan Anda melakukan konsultasi secara langsung dengan dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang (bila diperlukan). 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar