Sukses

Pengobatan TB Kelenjar Tidak Teratur

11 Feb 2015, 15:35 WIB
Wanita, 21 tahun.

dok, saya kena tb colli harus obat jalan 9 bulan. tapi saya suka ga rutin minumnya... karena harus tiap hari. saya dibri obat. 1. etambutol 500mg TB 1x sehari 2 tablet 2. rifampicin 600mg CPL 1x sehari 1 tablet 3. inha 400mg TB 1x sehari1 tablet bulan ini memasuki bulan ke 4 dok. bulan ke 9 harus kedokter lagi. benjolan kelenjar pun mulai mengecil. jika saya kembali melanjutkan minum obat tersebut dan tidak akan lagi lalai bagaimana dok?. terimakasih :)

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. TB coli atau TB kelenjar menyerang kelenjar getah bening yang merupakan pertahanan tubuh terhadap penyakit, umumnya ditandai dengan pembesaran dan pembengkakan kelenjar getah bening yang ada di tubuh manusi. Kelenjar yang paling sering diserang terlebih dahulu adalah kelenjar daerah leher hingga tepat di bawah rahang bawah. Selain pembesaran kelenjar yang menjadi teraba, adalah badan terasa  meriang dan pegal.

Kuman TB sendiri sebenarnya dapat menyerang tubuh mana saja; mulai dari otak, saluran pencernaan atau kemih, hingga tulang. Jika memang benjolan disebabkan oleh TB kelenjar, maka pengobatan TB yang teratur dan tuntas (9 bulan), benjolan akan mengecil dan hilang.

Pasien dengan multi-drug resistant (MDR) TB tidak akan mengalami perbaikan secara klinis dengan pemberian obat-obat standar. Obat alternatif dapat diminum selama tidak mengganggu pengobatan konvensional.

Mengenai pengobatan TB Anda yang tidak teratur sebelumnya, kami menganjurkan Anda untuk kontrol kembali ke dokter spesialis penyakit dalam yang merawat Anda untuk menentukan status sakit TB Anda serta rencana evaluasi atau pengobatan selanjutnya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar