Sukses

Bercak Kuning, Sariawan Rahim?

05 Feb 2015, 18:57 WIB
Wanita, 21 tahun.

Saya mengalami sariawan di daerah dekat rahim, baru tahu saat saya melepas iud saya. Sudah 3 minggu ini stelah melepas iud tampak mulai bercak2 kuning di celana dlm saya. Saya sdh coba periksakan ke Rs dan sempat jga menggunakan cristal x ttpi hasilnya nihil. Saat saya periksakan kembali ke Rs , ternyata bercak tsb makin banyak. Minta sarannya dokter, apa yang harus saya lakukan saat ini untuk menghilangkan sariawan tsb . Dan apa penyebab adanya sariawan tsb. (Saya seorang ibu rmh tangga, beranak 1) thanks

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda adalah keluarnya cairan kekuningan dari vagina setelah melepas iud. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis/abnormal. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri. 

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Jika keputihan Anda termasuk keputihan abnormal maka perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam yang jika terjadi berkelanjutan dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi hingga mengganggu kesuburan untuk memiliki keturunan. Keputihan abnormal dapat disebabkan oleh infeksi maka memerlukan pengobatan dengan antijamur / antibiotik / antiparasit sesuai dengan kuman penyebabnya. Pengobatan yang tidak tepat guna ataupun tidak tepat dosis alih-alih mengobati justru dapat menimbulkan kekebalan kuman penyebabnya. Oleh karena itu kami sarankan Anda memeriksakan kondisi Anda ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mengetahui penyebab dari keputihan yang Anda alami sehingga Anda mendapat penanganan yang optimal. Untuk memastikan apakah Anda tertular penyakit menular seksual, dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan tambahan seperti pemeriksaan darah, pemeriksaan cairan keputihan atau pemeriksaan lainnya yang diduga dapat membantu menunjang diagnosis.

Berikut, kami sertakan artikel yang dapat Anda akses untuk menambah informasi:

Keputihan

Jangan Remehkan Keputihan

Hati-Hati Dengan Keputihan

Penyebab Keputihan Abnormal

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar