Sukses

Kulit di Sekitar Kuku Terkelupas Bila Terkena Sabun Cuci

02 Feb 2015, 22:40 WIB
Wanita, 30 tahun.

Dok sy mau ty, kulit disekitar kuku sy sering terkelupas terutama kalau kena sabun cuci dan itu sering sekali tp gak gatel sekali seh dok,tp mengganggu banget dan sering saya kopekin, kira2 itu karena alergi atau apa ya? penyakit kulit ini bisa disebut dgn eksim atau bukan ya?

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter. 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda derita kemungkinan adalah dermatitis kontak. namun hal ini perlu dipastikan dengan pemeriksaaan fisik langsung. 

Dermatitis kontak adalah inflamasi / peradangan pada kulit terjadi karena kulit telah terpapar oleh bahan yang mengiritasi kulit (dermatitis kontak iritan) atau menyebabkan reaksi alergi (dermatitis kontak alergi). Dermatitis kontak akan menyebabkan ruam yang besar, gatal, pecah-pecah dan rasa terbakar dan hal ini akan bertahan sampai berminggu-minggu. Gejala dermatitis kontak akan menghilang bila kulit sudah tidak terpapar oleh bahan yang mengiritasi atau menyebabkan alergi pada kulit tersebut.

Apakah Anda sudah mengetahui bahan iritan atau yang menyebabkan alergi pada kulit Anda? Gejala atau keluhan ini akan timbul selama Anda berkontak dengan bahan pencetus alergi. Penanganannya yang terutama adalah menghindari kontak alergen. Apabila bahan alergen tersebut tidak bisa dihindari maka Anda dapat menggunakan pelindung atau sarung tangan sebelum berkontak dengan bahan-bahan tersebut. Untuk penanganan lebih lanjut, Anda dapat memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan test alergi bila diperlukan. Setelah itu dapat ditentukan diagnosis dan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar