Sukses

Belum Haid dan Ingin Hamil Pasca Suntik KB 3 Bulan

05 Feb 2015, 01:18 WIB
Wanita, 32 tahun.

Saya pengguna KB suntik selama 4,5thn. Pakai KB yg 3 bulan,awal pemakaian sempat haid 3bln sekali dlm bentuk flek2 coklat tp dlm 1,5thn terakhir sama sekali tdk haid. Saya terakhir suntik bulan juli 2014 dan seharusnya pd bulan september suntik lg tp tidak saya lakukan smp dgn saat ini. Yg saya tanyakan, dlm waktu tsb adakah kemungkinannya saya bisa hamil walau belum jg dpt haid. Kira2 beberapa bulan lg kah saya dpt haid. Terimakasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kontrasepsi suntikan KB 3 bulan mengandung long-acting progestin, yaitu Norestiteron enantat (NETEN) dengan nama dagang depomedroksi progesterone acetat (DPMA), 150 mg yang diberikan setiap 3 bulan. Hormonal ini akan berfungsi sebagai alat pencegah kehamilan dengan cara kerja mempengaruhi sistim hormon di dalam tubuh. 

Salah satu efek samping dari hormon tersebut adalah perdarahan yang tidak teratur, mulai dari perdarahan bercak atau flek hingga perdarahan yang berkepanjangan, bahkan 70% pengguna KB suntik bisa tidak mens. Setiap individu memiliki respon yang berbeda-beda dalam penerimaan hormon ini. Darah tersebut berasal dari peluruhan lapisan dinding rahim seperti darah haid yang mengalami ketidakteraturan akibat pengaruh hormon.

Pengembalian kesuburan tiap individu biasanya berlangsung variatif antara 3-12 bulan. Selama dalam waktu pengembalian kesuburan maka siklus menstruasi dapat mengalami ketidakteraturan yang disebabkan karena proses pengembalian keseimbangan hormonal beberapa waktu.

Idealnya untuk dapat hamil lagi, ditunggu sampai terjadi siklus haid dan sebaiknya haid yang teratur. Bila haid tidak teratur Anda berlangsung terus-menerus, kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan untuk mencari penyebab lain dari haid tidak teratur tersebut dan dilakukan penanganan yang sesuai.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar