Sukses

Olahraga Jalan Kaki

19 Dec 2014, 11:35 WIB
Pria, 73 tahun.

Saya senang olahraga jalan kaki, berapa jauh yg baik saya tempuh, berapa km kecepatan per jam

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berjalan kaki adalah salah satu bentuk aktivitas fisik yang tidak mungkin tidak kita lakukan setiap hari, entah itu saat kita bangun pagi dan berjalan kaki ke kamar mandi atau berjalan kaki saat menyeberang jalan. Berjalan kaki sebenarnya dapat menjadi salah satu pilihan bentuk olahraga intensitas rendah hingga sedang yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Untuk mencapai gaya hidup yang aktif, maka setiap minggu kita harus melakukan olahraga aerobik intensitas sedang paling sedikit sebanyak 150 menit. Hal ini dapat kita capai dari hal yang paling sederhana dan paling mudah yaitu berjalan kaki setiap hari selama minimal 30 menit. Berdasarkan hal ini, beberapa ahli akhirnya menganjurkan kita berjalan kaki 10.000 langkah setiap hari.

Meskipun berjalan kaki terlihat sederhana dan seringkali kita sepelekan, akan tetapi manfaat dari aktivitas fisik ini justru tidak dapat disepelekan sama sekali. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dari berjalan kaki adalah:

  1. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa setiap kali kita berjalan kaki selam 1 jam, usia harapan hidup kita bertambah 2 jam.

  2. Berjalan kaki hanya sebanyak 30 menit setiap hari sudah memberikan manfaat kesehatan.

  3. Berjalan kaki merupakan bentuk olahraga aerobik sehingga bermanfaat meningkatkan kebugaran khususnya ketahanan jantung paru.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar