Sukses

Menjaga Kadar Gula Darah

27 Nov 2014, 15:51 WIB
Wanita, 38 tahun.

Dokter, saya mau tanya nih.. Suami saya penderita diabetes. Setiap bulan selalu kontrol ke dokter. Setiap hari selalu konsumsi obat yg diberikan dokter, tetapi kadar gula darahnya kokasih tinggi ya dok. Td cek kadar gulanya 300. Saya takut dok,...bagaiman Caranya supaya kadar gula suami saya tetep terkontol?

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu yang terhormat.
 
Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.
 
Kami memahami kekhawatiran Anda. Pada prinsipnya terdapat 5 langkah penting (5 pilar diabetes) dalam mengontrol kadar gula darah, antara lain:
  1. Edukasi berkelanjutan: seiring dengan kemajuan teknologi, Anda dapat mengikuti info medis terkini mengenai diabetes. Anda juga dapat mengikuti seminar awam mengenai diabetes dan komplikasinya yang sering diselenggarakan oleh berbagai institusi kesehatan (RS, klinik, dan lainnya)
  2. Melakukan perencanaan makan dengan 3J ( pengaturan jadwal makan, jenis makanan, jumlah kalori), serta menjaga berat badan ideal sesuai dengan Indeks Massa Tubuh
  3. Melakukan aktivitas fisik/olahraga teratur 
  4. Intervensi farmakologis, yaitu pengobatan dengan menggunakan anti diabetik oral maupun terapi insulin
  5. Memeriksa kadar gula darah & konsultasi medis rutin (tes gula darah sewaktu, gula darah puasa, atau HbA1c). Salah satu cara praktis adalah dengan menggunakan alat tes gula darah yang dapat digunakan di rumah dan kantor untuk memantau kadar gula, kolesterol, dan trigliserida (sejenis lemak) dalam darah. 

Jadi selain penggunaan obat dan kontrol rutin, masih diperlukan cara lain di atas dalam menjaga kadar gula darah. Bagaimana dengan aktivitas fisik, pengaturan makan, maupun berat badan suami Anda? Jika suami Anda belum memiliki perencanaan makan, kami menyarankan agar Anda berdiskusi dengan ahli gizi dan dokter penyakit dalam suami Anda agar diet terkontrol dan kadar gula terjaga. Kemudian apabila dengan cara di atas target gula darah yang diinginkan belum tercapai, konsultasikan dengan dokter penyakit dalam untuk penelusuran lebih lanjut serta perlukah adanya penyesuaian dosis obat.

Berikut artikel terkait pertanyaan Anda, di antaranya mengenai jenis aktivitas fisik serta contoh perencanaan makanan:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga Anda dan suami sehat selalu.
 
Salam,
Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar