Sukses

Nyeri Payudara dan Perut Setelah Menstruasi

04 Feb 2015, 19:35 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, tgl 15 kemaren saya baru saja selesai menstruasi, dan sekarang saya merasakan payudara saya sakit seperti ingin menstruasi, perut saya dibawah pusar sakit yang luar biasa, badan saya berat, pegal, merasa kantuk, lemas dan dingin.. pertanda apakah ini? apakah saya ingin mensrtuasi kembali atau bagaimana? sedangkan tgl saya menstruasi adalah tgl 11.. terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Perubahan siklus menstruasi menandakan adanya gangguan di dalam sistim reproduksi ataupun bagian lain yang mempengaruhi sistim reproduksi. Siklus haid yang memanjang pada priode menstruasi normal disebut dengan menoragia. Menoragia dapat disebabkan karena gangguan pembekuran darah, gangguan hormonal,  atau gangguan pada endometrium (lapisan terdalam rahim). Tergantung penyebabnya, menoragia dapat diikuti dengan nyeri pada saat menstruasi (dismenorea).

Penyebab menstruasi yang diikuti dengan dismenorea banyak disebabkan karena endometriosis atau infeksi pada panggul. Apabila Anda sudah menikah, maka kemungkinan terjadi kehamilan ektopik dan aborsi inkomplit dapat dipertimbangkan.

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya adalah perubahan hormonal yang berkaitan dengan menstruasi, kehamilan, pubertas, alkoholisme, perlukaan, dan infeksi pada payudara. Pada usia Anda, kemungkinannya adalah perubahan hormonal, infeksi, atau perubahan fibrokistik pada jaringan payudara.

Apabila keluhan berlanjut, kami sarankan agar Anda berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar dapat ditangani dengan holistik.Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar