Sukses

Seputar Mata Minus

02 Feb 2015, 20:41 WIB
Pria, 26 tahun.

Dear Dokter, Saya Lutfi, saya punya keluhan mengenai mata saya saat ini, sekarang saya mulai merasa penglihatan saya tidak sejernih dulu, sekarang merasa jika melihat objek lebih dari 2 meter sudah mulau kabur atau blur, saya sudah cek ke dokter mata tapi sayang beliau tidak memberikan diagnosa saya seperti apa2nya cuma memberikan resep untuk kaca mata saja, di hasil yang saya terima adalah minus 0,50 dan silindris 0,50 juga. saya ingin tahu diagnosa menurut ilmu kedokterannya apa? apakah Anda dapat menjelaskannya., Best regards, Lutfi Adi Putra

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Mata minus dalam istilah kedokteran disebut dengan miopia. Miopia selain dipengaruhi oleh faktor genetik bentuk bola mata juga dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Jika faktor lingkungan bukan penyebab mata minus Anda, kemungkinan besar faktor yang memperngaruhi keluhan Anda saat ini merupakan faktor genetik. Kecepatan terjadinya minus juga dipengaruhi oleh kebiasaan sehari-hari.

Mata minus (miopia) dapat terjadi di salah satu mata atau keduanya. Koreksi mata miopia dengan memakai lensa minus/negatif ukuran teringan yang sesuai untuk mengurangi kekuatan daya pembiasan di dalam mata. Biasanya pengobatan dengan kaca mata dan lensa kontak. Pemakaian bahan alami biasanya digunakan untuk mencegah penambahan minus, seperti makan makanan yang banyak mengandung vitamin A. 

Sebaiknya pasien juga menjalani gaya hidup sehat bagi mata, seperti mengatur jarak baca 40 - 45 cm dengan cahaya yang cukup, mengistirahatkan mata setiap kali melakukan kegiatan membaca buku atau menggunakan komputer.

Sedangkan satu-satunya cara untuk mengurangi minus dengan tindakan medis adalah dengan melakukan pembedahan pada kornea mata, yaitu dengan keratotomi radial, keratotomi fotorefraktif, atau Laser Asissted In situ Interlamelar Keratomilieusis (LASIK). Tindakan operasi merupakan tindakan yang paling efektif dalam mengatasi mata minus, namun jika Anda takut dengan tindakan tersebut, Anda dapat menjaga visus mata Anda dengan asupan nutrisi yang baik.

Berikut terdapat artikel untuk menambah informasi Anda :

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar