Sukses

Seputar Hemoroid

19 Dec 2014, 14:50 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok, mau tanya : 1. Saya menderita wasir ada benjolan luar cukup besar ada tiga buah dan pekerjaan saya tiap hari mengangkat benda berat sekitar 10-30kg (bukan kuli/instruktur fitnes) padahal hanya angkat satu kali benda tersebut. Tiap kali mengangkat benda tersebut atau minum air es / es teh, BAB di feses ada darahnya tapi tidak sakit karena ambeien / wasir yang saya alami atau karena ada penyakit lainnya? Jika satu hari tidak mengangkat benda tersebut sama sekali atau tidak minum air es / es teh, besoknya BAB di fesesnya tidak ada darahnya jika feses encer (bukan mencret). Padahal saya sudah melakukan pantangan tidak mengkonsumsi makanan yang panas dan mengandung lemak atau pun minyak, pedas, daging, jeroan, junk food, alkohol dan rokok . Mengkontrol asupan garam (tidak suka asin). Perbanyak minuman air putih atau makan buah-buahan yang mengandung banyak air.Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayuran, roti gandum, buah, sereal dan kacang-kacangan. Tidak berolaharga tapi sering duduk terlalu lama. 2. Apa berhubungan badan dengan gaya diatas dan di bawah saja, mempengaruhi BAB di feses ada darahnya? 2. Sebelum saya minum sehari 3x @2 ardium dan kalnex 500mg, BAB mengucur darah setelahnya di perut sebelah kanan terasa tidak enak, tapi setelah minum obat tersebut, tiap kali mengangkat benda tersebut, besoknya langsung BAB di feses ada darahnya tapi tidak mengucur darah padahal saya tiap hari makan satu buah pepaya besar, makan bubur, bubur kacang hijau, makan sayur berserat, minum godokan daun ungu, minum ardium dan kalnex, obat herbal, minum perasan air bengkoang, salep ultraproct, faktu di benjolan ambeien / wasir. 3. Obat apa saja yang saya harus minum? 4. Jika minum obat yang dianjurkan tidak kunjung sembuh, pekerjaan saya tiap hari mengharuskan mengangkat benda tersebut apa solusi pengobatan alternatif / operasi jenisnya apa saja yang terbaik,termoderen,termuktakhir,aman, kalau bisa tidak sakit pada saat operasi setelah operasi? 5. Apa saja resiko dan efek samping setelah pengobatan / operasi? 6. Setelah operasi, apa masih bisa menahan BAB waktu kebelet (maksudnya feses bisa ditahan tidak langsung keluar, misal waktu keluar rumah tidak ada toilet)? 7. Apa setelah pengobatan / operasi, pada hari itu juga dan seterusnya, saya masih bisa mengangkat benda tersebut karena pekerjaan saya tiap hari mengangkat benda tersebut? 8. Setelah pengobatan / operasi, bisa langsung pulang pada hari itu juga? 9. Setelah pengobatan / operasi, apa penyakit saya bisa kambuh lagi (BAB di feses ada darahnya? 10. Jika bisa kambuh lagi, disebabkan apa saja? 11. Dimana tempat praktek dokter dan rumah sakit (nama,alamat lengkap,telepon,HP) terbaik pengobatan / operasi? 12. Kira-kira berapa biaya paling mahal masing-masing jenis pengobatan / operasi tersebut termasuk obat dan penginapan? Terima kasih sebelumnya dan maaf jika banyak pertanyaan.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kegelisahan yang Anda rasakan. Pertanyaan-pertanyaan Anda akan kami coba jawab satu persatu-satu.

1. Saya menderita wasir ada benjolan luar cukup besar ada tiga buah dan pekerjaan saya tiap hari mengangkat benda berat sekitar 10-30kg (bukan kuli/instruktur fitnes) padahal hanya angkat satu kali benda tersebut. Tiap kali mengangkat benda tersebut atau minum air es / es teh, BAB di feses ada darahnya tapi tidak sakit karena ambeien / wasir yang saya alami atau karena ada penyakit lainnya?

Jika darah yang keluar adalah darah segar (berwarna merah terang) dan terpisah dari kotoran, maka kemungkinan besar adalah akibat wasir yang pecah akibat gesekan kotoran saat melewati anus. Wasir tidak selalu menimbulkan rasa nyeri, tergantung dari jenisnya (hemoroid internal atau eksternal) dan derajat penyakitnya.

2. Sebelum saya minum sehari 3x @2 ardium dan kalnex 500mg, BAB mengucur darah setelahnya di perut sebelah kanan terasa tidak enak, tapi setelah minum obat tersebut, tiap kali mengangkat benda tersebut, besoknya langsung BAB di feses ada darahnya tapi tidak mengucur darah padahal saya tiap hari makan satu buah pepaya besar, makan bubur, bubur kacang hijau, makan sayur berserat, minum godokan daun ungu, minum ardium dan kalnex, obat herbal, minum perasan air bengkoang, salep ultraproct, faktu di benjolan ambeien / wasir.

Obat-obat yang Anda konsumsi berfungsi membantu dalam pembekuan darah yang memang dapat diberikan pada penderita wasir. Namun perlu dipaham sebelumnya bahwa penyebab wasir adalah akibat adanya pelebaran pada pembuluh darah anus, yang dapat diakibatan oleh berbagai penyebab. Yang tersering adalah akibat peningkatan tekanan dalam perut yang berulang dan dalam jangka waktu lama, seperti:

  • penderita batuk kronik
  • penderita konstipasi yang sering mengedan saat BAB
  • pekerja yang banyak menggangkat beban berat

Selain itu, wasir juga dapat terjadi sebagai gejala dari penyakit hati yang mendasarinya, yaitu sirosis hepatis (liver mengecil) disebabkan oleh komplikasi penyakit infeksi hati (hepatitis), atau pada pengidap alkohol kronis.

3. Obat apa saja yang saya harus minum?

Saat ini Anda dapat mengkonsumsi obat anti ambeien yang bisa didapatkan dengan atau tanpa resep dokter.

Namun perlu diingat sebelumnya, bahwa mengobati wasir tidak hanya dengan mengecilkan benjolan tapi juga dengan menghilangkan faktor resiko, dalam kasus Anda adalah pekerjaan mengangkat beban berat.

4. Jika minum obat yang dianjurkan tidak kunjung sembuh, pekerjaan saya tiap hari mengharuskan mengangkat benda tersebut apa solusi pengobatan alternatif / operasi jenisnya apa saja yang terbaik,termoderen,termuktakhir,aman, kalau bisa tidak sakit pada saat operasi setelah operasi?

Jika wasir yang kita alami tidak sembuh-sembuh dengan perubahan pola hidup, maka sebaiknya silakukan tindakan operasi yang dapat berupa :

  • Rubber band ligation

Suatu karet diikatkan pada wasir sehingga pasokan pembuluh darah menjadi berkurang atau tidak ada. Setelah beberapa hari, jaringan wasir akan mengalami kematian yang pada akhirnya akan lepas sendiri bersamaan dengan buang air besar.

  • Hemorrhoidolysis/Galvanic Electrotherapy

Merupakan tindakan pemotongan wasir dengan menggunakan arus listrik

  • Sclerotherapy

Penyuntikan zat sklerosan dilakukan pada wasir sehingga menyebabkan runtuhnya dinding pembuluh darah pada wasir.

  • Cryosurgery

Merupakan tindakan penghancuran wasir dengan cara membekukannya. Tindakan ini sudah jarang sekali digunakan karena efek sampingnya.

  • Laser, infrared or BICAP caogulation

Adalah tindakan pemotongan wasir dengan menggunakan laser atau inframerah. Sekarang ini, laser sudah mulai ditinggalkan karena penelitian menunjukkan bahwa penanganan wasir lebih efektif dengan menggunakan inframerah.

  • Hemorrhoidectomy

Tindakan ini merupakan tindakan pembedahan. Namun banyak pasien yang mengeluhkan nyeri yang hebat setelah dilakukan operasi ini. Untuk itu, tindakan ini dilakukan sebaiknya untuk hemorrhoid interna grade IV saja.

5. Apa saja resiko dan efek samping setelah pengobatan / operasi?

Jika Anda belum bisa menghilangkan faktor predisposisi timbulnya wasir, maka terdapat resiko wasir akan kambuh lagi.

6. Setelah operasi, apa masih bisa menahan BAB waktu kebelet (maksudnya feses bisa ditahan tidak langsung keluar, misal waktu keluar rumah tidak ada toilet)?

Yang berperan dalam saat Anda menahan BAB ketika belum ada di toilet adalah otot anus bagian dalam, dan ini seharusnya tidak berhubungan dengan tindakan operasi. Jadi ya, tentu saja Anda masih bisa menahan BAB ketika memang blm bisa dikeluarkan.

7. Apa setelah pengobatan / operasi, pada hari itu juga dan seterusnya, saya masih bisa mengangkat benda tersebut karena pekerjaan saya tiap hari mengangkat benda tersebut?

Seperti yang dijelaskan, dalam penanganan wasir, tentu saja faktor resiko utama harus dieliminasi.

8. Setelah pengobatan / operasi, bisa langsung pulang pada hari itu juga?

Saat ini dengan peningkatannya teknologi dan ilmu kedokteran memang telah banyak tindakan dengan sistem one day care, dimana Anda bisa pulang dihari yang sama dengan hari dilakukannya tindakan. Namun tergantung dari jenis tindakan yang dikerjakan, dan kondisi tubuh Anda pasca operasi. Anda dapat berdiskusi kembali mengenai hal ini dengan dokter yang Akan merawat Anda.

9. Setelah pengobatan / operasi, apa penyakit saya bisa kambuh lagi (BAB di feses ada darahnya?

10. Jika bisa kambuh lagi, disebabkan apa saja?

Banyak hal yand dapat menyebabkan kekambuhan wasir. Untuk itu, sebagai pencegahan untuk wasir meliputi:

  • Minum banyak air, makan makanan yang mengandung banyak serat (buah, sayuran, sereal, suplemen serat, dll) sekitar 20-25 gram sehari
  • Olahraga
  • Mengurangi mengedan
  • Menghindari penggunaan laksatif (perangsang buang air besar)
  • Membatasi mengedan sewaktu buang air besar.
  • Penggunaan celana dalam yang ketat dapat mencetuskan terjadinya wasir dan dapat mengiritasi wasir yang sudah ada.
  • Penggunaan jamban jongkok juga sebaiknya dihindari.

11. Dimana tempat praktek dokter dan rumah sakit (nama,alamat lengkap,telepon,HP) terbaik pengobatan / operasi?

Anda dapat menggunakan fitur Pencarian Dokter atau Rumah Sakit yang kami miliki untuk informasi lengkap.

12. Kira-kira berapa biaya paling mahal masing-masing jenis pengobatan / operasi tersebut termasuk obat dan penginapan?

Mohon maaf mengenai biaya kami tidak dapat memberikan perkiraan biaya karena biaya dapat bervariasi tergantung pusat pelayanan medis atau masing-masing dokter yang melayani. karena biaya pengobatan tergantung kasus atau masalah yang terjadi pada Anda.

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul: 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar