Sukses

jari leher angsa atau swan neck

27 Nov 2014, 10:52 WIB
Wanita, 44 tahun.

Pagi Dokter, saya mau tanya, mengapa tiap bangun pagi jari manis selalku kaku tertekuk 90 derajat, dan ketika diluruskan agak sakit, hal ini berulang terus saat bangun pagi, apa tindakan saya? mohon pencerahannya, tks dokter

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami ketidaknyamanan yang Anda alami. Namun sayangnya Kami tidak dapat memberikan kepatian diagnosis tanpa adanya pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Kami hanya dapat memberikan informasi mengenai keluhan ini, walaupun sebenarnya masih banyak infromasi yang kami butuhkan dari Anda mengenai keluhan ini?

Sejak kapan Anda merasakan keluhan ini? apakah sebelumnya ada trauma pada daerah yang dikeluhakn? tertekuk seperti apa yang anda maksud? Apakah ketika buku jari I menekuk ke arah punggung tangan dan buku jari II menekuk ke arah telapak tangan? Jika ya, kondisi ini disebut sebagai jari leher angsa atau swan neck.

Keadaan ini dialami oleh 50% penderita rematik. Pernahkah Anda memeriksakan kadar faktor rematik dalam darah Anda? Jika pernah dan hasilnya baik, Anda masih perlu menyingkirkan penyebab lain dari kelainan pada jari ini, yaitu;

  • Mallet Finger (akibat ruptur tendon pada di daerah jari tangan)
  • Cerebral palsy (karena ketidakseimbangan otot)
  • Penyebab lainnya: kelonggaran lempeng fibrosa pada tangan khususnya pangkal jari atau ligamen jari, spasme otot tangan, dan perubahan posisi pada fraktur tulang tengah jari.

Pada Rematik, terdapat ligamen jari yang teregang akibat peradangan sendi kronis yang terjadi yang lama-kelamaan akan membuat ligamen jari tersebut melemah sehingga ligamen tersebut tidak dapat menjaga posisi jari tetap lurus. Kelemahan ligamen jari ini juga dapat disebabkan adanya kontraksi terus menerus dari otot-otot dalam jari yang diakibatkan oleh Rematik, trauma, dan cerebral palsy.

Terapinya ditujukan untuk memperbaiki kelainan yang mendasari bila memungkinkan. Kelainan ringan dapat diterapi dengan penggunaan bidai jari (bidai cincin), yang memperbaiki kelainan bentuk sementara itu masih memungkinkan seseorang menggunakan tangannya.

Sementara itu, kelainan yang berat membutuhkan tindakan pembedahan, di antaranya:

  • Pelepasan kulit
  • Rekonstruksi ligamen dan tendon
  • Penggabungan sendi
  • Penggantian sendi / arthroplasty (penggunaan sendi buatan) yang terbuat dari implan silastik

Untuk mengurangi nyeri dan kekakuan dapat digunakan kompres hangat, yang dilakukan selama 15 menit. Kompres hangat dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah, oksigen dan nutrien ke daerah yang nyeri. Sedangkan untuk mengurangi pembengkakan bisa dilakukan kompres dingin, dilakukan juga selama 10-15 menit. Kompres dingin juga berguna untuk mengurangi nyeri.

Jari leher angsa dapat dicegah dengan mengobati rheumatoid arthritis. Tentu perlu dihindari cedera pada tangan dan berlatih secara teratur. Menggerakkan jari secara pasif sampai gerakan maksimal yang bisa dilakukan untuk mencegah kekakuan. Bila disadari adanya kelainan bentuk jari secara dini, gunakan bidai jari untuk menjaga sendi jari tetap lurus. Segera periksakan ke dokter sebelum kelainan bentuk jari tersebut menetap. Ketika kelainan bentuk jari itu menetap maka hasil dari terapi menjadi sulit diprediksi.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar