Sukses

Nyeri Pinggang Setelah Latihan Golf
27 Nov 2014, 10:08 WIB
Pria, 49 tahun.

Pinggang kiri sakit. Muncul setelah latihan golf, dimana gerakan swing tidak sinkron antara tangan dan badan / pinggang.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan.

Rasa nyeri pada pinggang dapat disebabkan oleh berbagai gangguan, dimulai dari kelainan pada kult, otot, saraf, pembuluh darah, maupun organ (ginjal, saluran kemih, usus, pankreas) yang berada dibagian pinggang. Pada istilah kedokteran, keadaan ini disebut dengan low back pain.

Low back pain (LBP) atau sakit punggung/pinggang belakang dipengaruhi oleh faktor usia, jenis kelamin, faktor kegemukan, pekerjaan, dan aktivitas/olahraga. Di antara penyebab LBP yang lain adalah proses degeneratif (spondilosis, HNP, osteoartritis), penyakit peradangan, osteoporotik, kelainan bentuk tulang belakang (skoliosis), gangguan sirkulasi, tumor, infeksi, masalah psikoneurotik, dsb.

Sakit pinggang yang dikeluhkan perlu dipastikan terlebih dahulu penyebabnya, untuk itu sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dipastikan penyebabnya dengan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik yang lengkap dan juga pemeriksaan penunjang seperti foto rotgen atau penunjang lain (jika dibutuhkan).

Rasa nyeri yang Anda alami dapat dikurangi dengan konsumsi obat anti nyeri dan/atau krim,gel, atau salep yang dapat mengurangi rasa nyeri atau melemaskan otot. Namun harus juga diperhatikan untuk menghindari berbagai aktivitas yang dapat memicu dan memperberat keluhan ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar