Sukses

Bercak Putih di Kornea dan Mata Seperti Berpasir

02 Feb 2015, 21:42 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok,mata saya tampak bercak putih di bagian warna hitam bawah,setiap kali saya berkedip mengenai bercak putih itu mata saya terasa seperti kemasukan pasir. apa yang terjadi dok?semua berawal dari kebiasaan saya menatap layar laptop saya sampai subuh,apakah itu berpengaruh?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Sebelum memastikan penyebab dari keluhan Anda, ada beberapa hal yang sebenarnya belum Anda sebutkan tetapi cukup penting. Apakah sebelum timbul nyeri pada mata Anda terdapat cedera atau trauma pada mata? Apakah Anda menggosok mata Anda terlalu keras saat kemasukan debu? 

Tentunya, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis mata untuk mengetahui dengan pasti penyebab keluhan Anda melalui wawancara medis yang lengkap dan pemeriksaan fisik. Saat ini menurut data yang Anda berikan sangat mungkin ada menderita ulkus kornea.

Gejala dari ulkus kornea dapat meliputi:

  • Mata merah

  • Sakit mata ringan hingga berat

  • Fotofobia atau mata silau bila terkena cahaya

  • Penglihatan menurun

  • Kekeruhan berwarna putih pada kornea

Gejala lain yang dapat menyertai adalah terdapatnya penipisan lapisan kornea mata dan reaksi pada jaringan kornea.

Penyebab ulkus kornea dapat berasal dari bakteri, virus maupun jamur. Mikroorganisme ini tidak mudah masuk ke kornea selama lapisan luar atau sel epitel mata sehat, sehingga diperlukan faktor pencetus seperti erosi atau cedera pada kornea atau pemakaian kortikosteroid atau obat yang menekan fungsi imun, pasien kencing manis atau Diabetes Mellitus dan usia tua.

Bila proses pada ulkus berkurang maka akan terlihat berkurangnya rasa sakit, fotofobia, berkurang infiltrat dan luka epitel kornea menjadi bertambah kecil.

Dengan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter mata, yaitu dengan menggunakan fluorescein akan dapat ditegakkan diagnosa ulkus kornea. Ulkus kornea akan memberikan kekeruhan berwarna putih pada kornea dengan defek epitel yang dengan pewarnaan fluorescein akan berwarna hijau ditengahnya. 
Pemeriksaan laboratorium sangat berguna untuk membantu membuat diagnosa penyebab.

Pengobatan umumnya adalah dengan antibiotika yang sesuai dengan penyebab. Oleh sebab itu, kami menghimbau Anda segera menemui dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar