Sukses

Nyeri Pada Payudara Ketika Haid

05 Feb 2015, 17:13 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,gimana cara mngatasi rasa nyeri pada payudara ketika haid dan sebelum haid...??dan apa benar ya..?dok operasi bagi penderita hiperplasia adrenal congenital pd saatmau menikah...

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.  Sejak kapan keluhan dirasakan? Di mana tepatnya nyeri dirasakan? Apakah pada kedua payudara atau hanya sebelah saja? Apakah ada benjolan? Apakah nyeri berhubungan dengan haid? Kapan saja nyeri dirasakan berkurang atau bertambah?

Nyeri pada payudara dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Peradangan pada payudara biasanya ditandai oleh warna kemerahan pada payudara, sakit saat disentuh. Trauma disebabkan oleh benturan yang mengenai payudara. Tumor ditandai oleh benjolan pada payudara, yang sebenarnya jarang menimbulkan keluhan nyeri pada awal dari perjalanan penyakit. 

Umumnya, nyeri pada payudara menjelang menstruasi disebabkan oleh perubahan hormonal. Pengaruh hormonal ini memang berbeda-beda diantara masing-masing individu. Nyeri biasanya terjadi pada kedua payudara, dan menghilang setelah haid selesai. Bila anda sedang menyusui maka biasanya rasa nyeri terjadi pada payudara yang jarang digunakan untuk menyusui sehingga payudara terasa keras dan kadang terasa nyeri. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar