Sukses

Cara Mengatasi Hiperplasia Adrenal Kongenital(CAH)
07 Apr 2015, 19:07 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok,gimana cara mengatasi hiperplasia adrenal kongenital(CAH) agar bisa punya payudara normal, haid lancar, dan organ reproduksi normal, apakah menjalani terapi dg obat prednison aman di konsumsi seumur hidup..?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Congenital adrenal hyperplasia (CAH) terjadi karena mutasi gen abnormal (kelebihan atau kekurangan) di dalam kelenjar adrenal. Kelainan ini akan memicu timbulnya perubahan perkembangan karakteristik seks atau kondisi interseks.

Congenital adrenal hyperplasia memanifestasi dalam berbagai bentuk seperti alat kelamin ambigu, perkembangan rambut pubis pada usia dini, pubertas yang tertunda, rambut wajah berlebihan, ketidakteraturan menstruasi, infertilitas, dan hipertensi.

Kondisi ini dipicu oleh ketidaknormalan reaksi biokimia yang memecah kolesterol menjadi kortisol. Kortisol adalah glukokortikoid yang berasal dari kolesterol. Produksi kortisol yang tidak mencukupi menyebabkan pertumbuhan dan aktivitas berlebih dalam korteks adrenal, sementara kekurangan akan memicu kurangnya aktivitas. Sintesis kortisol yang mencukupi diperlukan untuk sintesis hormon aldosteron, androgen, dan estrogen.

Congenital adrenal hyperplasia biasanya diamati pada orang dengan dua atau lebih gen alel abnormal atau cacat. Kondisi ini ditandai dengan kelebihan mineralokortikoid atau kekurangan seks steroid. Congenital adrenal hyperplasia membuat sistem kekebalan tubuh seseorang tak mampu menghasilkan kortikosteroid dan hanya bisa diobati melalui penggantian hormon.

Tanda dan gejala congenital adrenal hyperplasia meliputi:

  • ‘Genital masculineness’.
  • Pembesaran klitoris.
  • Pembesaran kelenjar adrenal.
  • Intoleransi garam.
  • Vokal (suara) rendah.
  • Jerawat parah.
  • Amenore.
  • Anak-anak tumbuh menjadi orang dewasa bertubuh pendek.

Intervensi medis dan sosial memainkan peran yang sangat penting dalam perawatan congenital adrenal hyperplasia. Pilihan pengobatan yang tersedia untuk mengatasi kondisi tersebut meliputi:

  • Meningkatkan pasokan glukokortikoid untuk mengurangi hiperplasia dan produksi mineralokortikoid.
  • Mengganti kekurangan mineralokortikoid untuk mengatasi kekurangan garam.
  • Mengganti kekurangan testosteron atau estrogen.
  • Perawatan klinis untuk mengoptimalkan pertumbuhan.
  • Rekonstruksi bedah genital.

Sangat penting untuk mencari tanda-tanda dan gejala tersebut sehingga perawatan dapat dilakukan sedini mungkin. Selain perawatan medis, intervensi sosial juga diperlukan. Intervensi sosial ini bisa melibatkan dukungan dari keluarga atau orang-orang yang memiliki masalah yang sama. Wanita yang mengembangkan karakteristik laki-laki dan sebaliknya akibat congenital adrenal hyperplasia, tentu memerlukan dukungan sosial untuk mengatasi masalah mereka ini.

Sudahkah anda mencari pertolongan medis untuk membantu mengatasi kondisi anda ini? Jika belum kami sarankan anda berkonsultasi dengan dokter secara langsung agar mendapat penanganan yang tepat.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar