Sukses

Gangguan Gusi pada Saat Hamil

21 Dec 2014, 22:13 WIB
Wanita, 25 tahun.

Dok, saat ini tengah hamil 14 minggu, saya ada keluhn pada gusi yg terdapat pada rahang atas sebelah kanan, awalnya saat makan gigi terasa seperti copot, tapi lama kelamaan sekarang malah bengkak, tadinya mau minum Asam mefenamat tapi karena tengah hamil jadinya saya tidak berani, saya mendapat resep aspilet dari dokter tapi bukan untuk gusi saya karena saya belum ke dokter, aspilet itu kok rasanya kayal vit c, aspilet itu apa ya dok? Trms btx

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi

Saya memahami kekhawatiran Anda. Sangat disayangkan anda tidak mencantumkan deskripsi yang lebih mendetail mengenai gigi yang dikelilingi oleh gusi yang membengkak tersebut. Pembengkakan pada gusi bisa berdiri sendiri atau terkait dengan penjalaran infeksi dari gigi yang berdekatan dengannya. Untuk sementara saya menduga bahwa tidak ada kelainan apapun pada gigi yang bersangkutan, maka ada kemungkinan anda mengalami epulis gravidarum. Kondisi ini umum dijumpai pada ibu hamil dan merupakan pembengkakan jaringan lunak (khususnya gusi) pada saat terjadi kehamilan. Perubahan hormonal yang terjadi pada masa kehamilan turut menjadi faktor predisposisi bagi terjadinya pembengkakan tersebut. 

Sebaiknya Anda berkunjung ke dokter gigi untuk mengetahui diagnosis pasti dari pembengkakan gusi yang anda alami. Untuk saat ini Anda dapat meningkatkan taraf pemeliharaan kebersihan rongga mulut agar pada bagian tersebut dapat terbebas bakteri.Mengenai obat aspilet yang diresepkan oleh dokter, bukan dalam kompetensi saya sebagai dokter gigi dalam memberikan pemaparan terkait indikasi penggunaannya.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar