Sukses

Sakit Dada Kiri: Angina?

27 Nov 2014, 10:20 WIB
Pria, 33 tahun.

Saya menderita sakit seperti sesak di dada sebelah kiri, dan tembus ke punggung sblh kiri seperti urat terjepit. Saya merasakan ini lebih 2thn. Apa obatnya? Apa ini angina?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatirn yang Anda rasakan. Angina adalah nyeri dada yang terjadi akibat kurangnya aliran darah ke jantung. Nyeri pada umumnya terjadi perlahan-lahan dan bertambah buruk setiap menitnya sebelum pada akhirnya menghilang. Nyeri dapat menembus ke punggung, regio interskapula, dasar dari leher, rahang, gigi, dan ulu hati. Episode angina umumnya dipicu oleh latihan, emosi, dan menghilang dengan istirahat atau kombinasi dari istirahat dan nitrogliserin sublingual. Bagaimana dengan Anda?

Kegiatan/pekerjaan apa yang Anda biasa lakukan sehari-hari? Apakah pekerjaan Anda termasuk mengangankat barang berat? Bila Anda sudah melakukan EKG dan melakukan pemeriksaan treadmill dikatakan normal, berarti memang jantung Anda normal. Apakah Anda ada keluhan terasa panas pada dada? mual atau muntah? Rasa seperti terbakar pada daerah leher?

Untuk pengobatan kami sarankan anda berkonsultasi langsung terlebih dahulu ke dokter spesialis jantung. Karena sulit bagi kami untuk mendiagnosis keluhan yang Anda alami tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung dan didukung oleh pemeriksaan penunjang. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar