Sukses

Hidradenitis Suppurativa

27 Nov 2014, 10:43 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok saya mau tanya di ketiak saya itu ada pembekakan nantik setelah pembekan itu ketiak saya kayak sobek gitu dok dan mengeluarkan darah dok. waktu itu saya pernah kayak mencabutnya dok saya kira berupa daging keras. tapi ternyata kayak daging lunak yang kebanyakan isinya darah dok saya sudah sering kedokter dok kata dokter yang saya sering kesana katanya karna faktor kegemukkan d sering bergesek sma kulit yang lain makanya dia timbul kayak gitu dok yang saya tanyakan apa penyakit saya ini berbahaya dok

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Dalam dunia medis, ada yang dikenal sebagai hidradenitis suppurativa, yaitu pembengkakkan pada kulit yang merupakan suatu proses kronis pada daerah yang sering bergesekkan dan berambut (karena di daerah itulah kelenjar minyak berada), seperti ketiak, selakangan, payudara, dan lain-lain.

Kondisi yang kerap pula disebut dengan acne inversa ini biasanya disertai sensasi nyeri dan robekkan kulit, sehingga mengeluarkan nanah yang berbau. Pada beberapa kasus, gangguan pada kulit ini dapat membuat “terowongan” di bawah kulit yang menghubungkan rangkaian benjolan yang ada.

Hidradenitis suppurativa cenderung muncul setelah masa puber, dalam jangka waktu yang lama hingga tahunan dan semakin lama semakin memburuk. Beberapa faktor yang memicu timbulnya kondisi ini adalah hormon, genetik, rokok, dan berat badan berlebih. Wanita berusia muda pun lebih mudah terkena kondisi ini.

Kami sarankan Anda untuk kembali ke Dokter, mengingat kondisi ini sudah Anda alami beberapa kali. Biasanya Dokter akan melakukan tindakan untuk membuka dan membersihkan benjolan, serta membebaskan terowongan yang ada. Perlu diingat bahwa hidrandenitis suppurativa akan dapat kembali lagi bila faktor pemicu tidak dihindari.

Berikut kiat yang dapat Anda lakukan untuk meredakan nyeri, mempercepat proses penyembuhan dan mencegah penyebaran:

  • Kompres hangat
  • Jaga kebersihan daerah yang terkena
  • Kenakan pakaian yang longgar
  • Turunkan berat badan.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar