Sukses

Gigi Palsu Akrilik

21 Dec 2014, 22:25 WIB
Pria, 17 tahun.

Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya pakai gigi palsu (acrylic lepasan) karena dulu pernah kecelakaan, tapi kenapa setelah 1 tahun gigi palsu saya berubah warna dan muncul garis seperti terkikis dok, apakah dari cara perawatannya? Padahal waktu dulu saya pertama pasang di dokter gigi, dokternya bilang merawatnya seperti gigi biasa, cuma disikat. Apakah saya perlu ganti gigi palsu? Mohon jawaban pertanyaan saya ini dok secepatnya dok, karena saya sebentar lagi akan melanjutkan sekolah di bidang perhotelan yang butuh penampilan menunjang.. Terima kasih banyak dok :)

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Akrilik memang bahan yang umum digunakan dalam pembuatan gigi tiruan lepas pasang. Namun sayangnya bahan tersebut menyerap bau, warna dan mudah terkikis. Hal tersebutlah yang menjelaskan mengapa terjadi perubahan warna pada gigi palsu Anda serta munculnya garis seperti terkikis pada permukaannya.

Sayangnya Anda tidak menjelaskan berapa banyak gigi yang hilang dari rongga mulut Anda yang digantikan oleh gigi tiruan akrilik lepas pasang tersebut. Apabila Anda kurang puas dengan hasil estetik dan gigi tiruan yang digunakan sekarang, maka Anda dapat berkonsultasi dengan dokter gigi untuk mendapatkan solusi yang lebih baik atas keluhan tersebut. Dokter mungkin akan menyarankan  untuk menggantinya dengan gigi tiruan cekat yang terbuat dari porselen. Bahan porselen tersebut tidak mudah berubah warna dan memiliki nilai estetik yang lebih unggul dibandingkan dengan akrilik. Namun ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar gigi tiruan cekat dapat dibuat. Salah satunya adalah bahwa gigi-gigi yang hilang dari rongga mulut masih dibatasi dengan gigi-gigi asli di bagian depan dan belakangnya, dengan kata lain, bila Anda kehilangan seluruh gigi-gigi geraham sementara yang tersisa dalam lengkung rahang tersebut hanya gigi seri dan gigi taring saja, maka pembuatan gigi tiruan cekat tidak memungkinkan.

Selain itu, kondisi gigi yang akan dijadikan sebagai penyangga gigi tiruan juga harus dievaluasi. Bila terdapat kegoyangan gigi, hal ini menandakan bahwa terjadi kerusakan jaringan penyangga gigi tersebut. Gigi tersebut tentu belum layak untuk dijadikan penyangga bagi gigi tiruan cekat yang akan dibuatkan sebab hal tersebut hanya akan memperparah kerusakan jaringan penyangga gigi tersebut. Silakan konsultasikan keluhan Anda pada dokter gigi untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh serta rencana perawatan yang lebih baik untuk kondisi gigi Anda.

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar