Sukses

Ulkus Kornea
10 Feb 2015, 20:22 WIB
Pria, 45 tahun.

mata kanan sy stlh di scan ada flek di kornea sehingga penglihatan sy sgt terganggu mohon pencerahannya

dr. Tiara Rahmawati

Dijawab Oleh:

dr. Tiara Rahmawati

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-Konsultasi Tanya Dokter dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Sebelum memastikan penyebab dari keluhan Anda, kami ingin mengajukan beberapa pertanyaan : Apakah ada rasa nyeri pada mata Anda? Apakah sebelumnya terdapat cedera atau trauma pada mata? 

Kami tidak dapat mengetahui penyebab keluhan Anda tanpa pemeriksaan secara langsung, namun kami menduga Anda mengalami ulkus kornea. Gejala dari ulkus kornea dapat meliputi:

  • Mata merah
  • Sakit mata ringan hingga berat
  • Fotofobia atau mata silau bila terkena cahaya
  • Penglihatan menurun
  • Kekeruhan berwarna putih pada kornea

Gejala lain yang dapat menyertai adalah terdapatnya penipisan lapisan kornea mata dan reaksi pada jaringan kornea.

Penyebab ulkus kornea dapat berasal dari bakteri, virus maupun jamur. Mikroorganisme ini tidak mudah masuk ke kornea selama lapisan luar atau sel epitel mata sehat, sehingga diperlukan faktor pencetus seperti erosi atau cedera pada kornea atau pemakaian kortikosteroid atau obat yang menekan fungsi imun, pasien kencing manis atau Diabetes Mellitus dan usia tua.

Bila proses pada ulkus berkurang maka akan terlihat berkurangnya rasa sakit, fotofobia, berkurang infiltrat dan luka epitel kornea menjadi bertambah kecil.

Dengan pemeriksaan yang akan dilakukan oleh dokter mata, yaitu dengan menggunakan fluorescein akan dapat ditegakkan diagnosa ulkus kornea. Ulkus kornea akan memberikan kekeruhan berwarna putih pada kornea dengan defek epitel yang dengan pewarnaan fluorescein akan berwarna hijau ditengahnya.

Pemeriksaan laboratorium sangat berguna untuk membantu membuat diagnosa penyebab.

Pengobatan umumnya adalah dengan antibiotika yang sesuai dengan penyebab. Oleh sebab itu, kami menyarankan Anda segera menemui dokter mata untuk mendapatkan pengobatan yang sesuai dengan penyebab keluhan Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar