Sukses

Mata Sering Panas Bila di Depan Komputer

26 Nov 2014, 18:52 WIB
Pria, 39 tahun.

Mata sering panas apabila di depan computer terlalu lama.......terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Melihat komputer terus menerus benar dapat menyebabkan mata lelah sehingga sulit fokus/pandangan kabur, pedih, panas, silau dan dapat juga mengalami pusing atau sakit kepala, gangguan ini dikenal dengan Computer Vision Syndrome. Penglihatan merupakan sistem yang penting dan harus dijaga kesehatannya. Jika mata terlalu lelah digunakan untuk membaca dekat maka dapat menurunkan fungsi penglihatan lebih cepat.

Bekerja dengan komputer mengharuskan mata terus-menerus berfokus, bergerak maju mundur dan berusaha mensejajarkan mata dengan objek yang dilihat di depan layar. Anda mungkin harus melihat ke bawah untuk melihat kertas dan kemudian melihat lagi ke layar untuk mengetik. Dengan demikian, mata Anda harus mengubah-ubah fokus sehingga apa yang Anda lihat di layar tetap jelas. Berbagai kerja mata ini membutuhkan usaha yang berat dari otot-otot mata Anda.

Membaca di layar komputer sebenarnya lebih berat untuk mata ketimbang membaca buku atau membaca tulisan di atas kertas. Ini berhubungan dengan elemen kontras, kilatan dan pencahayaan layar komputer. Masalah mata karena penggunaan komputer juga biasanya lebih sering terjadi pada meraka yang sudah memiliki masalah mata seperti rabun jauh atau astigmatisme. Atau,jika Andasebenarnya membutuhkan kacamata namun tidak memakainya atau memakai kacamata yang koreksinya tidak tepat. 

Gejala-gejala ini sebaiknya diperiksakan ke dokter. Jika tidak terdapat masalah khusus yang mendasarinya dan memang hanya karena kelelahan dalam menggunakan layar komputer, maka Anda dapat melakukan tindakan-tindakan penyesuaian dan pencegahan sehingga gejala-gejala ini tidak mengganggu performa kerja Anda. Untuk itu gunakan mata untuk melihat komputer secara terbatas, yaitu 2 jam saja. Kemudian istirahatkan selama 20 menit dengan melihat jauh sehingga mata dan otot-otot mata tidak terlalu lelah dalam bekerja untuk melihat dekat.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar