Sukses

Luka di Lambung

27 Nov 2014, 13:06 WIB
Wanita, 26 tahun.

Malam dok..sy mau tny .sy kan pny pnykt maag..prnh priksa usg kt dktr ada luka d lambungnya..kadang prt sy kalau pagi terasa panas tp nnt rsa panasnya hlg..tp nafas sy jg kadang terasa agak sesak saat terasa skt prt sy.kira2 sdh 11 blan trasa bgni..tmbul tngglm sktnya dok.solusi terbaiknya bagaimana y dokter?mohon pnjlasannya apy sy bs lbh mngrt.terima kasih dokter

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. Dari cerita yang Anda paparkan, sepertinya Anda mengalami ulkus lambung, khususnya jika sudah sampai berdarah. Ulkus lambung adalah perlukaan terbuka pada lapisan dalam lambung. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan ulkus lambung, diantaranya adalah peningkatan asam lambung karena merokok, stres, faktor genetik, dan dapat juga disebabkan oleh bakteri (misalnya Helicobacter pylori) atau obat-obatan yang menyebabkan melemahnya lapisan lendir pelindung lambung sehingga asam lambung bisa menembus lapisan di bawahnya. Pada tahap awal, keluhan umumnya hanya berupa kembung, peningkatan asam lambung, namun dalam jangka panjang keluhan ini bisa berakhir pada luka lambung yang dalam atau disebut ulkus lambung.

Pemakaian NSAIDs (non-steroid anti inflammatory drugs, obat anti peradangan non-steroid) berlebihan juga dapat menyebabkan kelainan saluran pencernaan dan perdarahan. Alkohol dan merokok dapat memicu terbentuknya ulkus. Selain itu, kopi, teh, soda dan makanan yang mengandung kafein dapat merangsang pelepasan asam lambung dan memicu terbentuknya ulkus.

Pengobatan ulkus lambung terdiri atas penghambat H2 (misalnya ranitidin, famotidin dan cimetidin). Pada ulkus yang disebabkan oleh Helicobacter pylori, akan diberikan terapi antibiotik. Masa penyembuhan biasanya memerlukan waktu selama 8 minggu, tetapi nyeri biasanya akan menghilang setelah beberapa hari. Meskipun gejalanya telah mereda, obat harus diminum sampai habis agar infeksi benar-benar reda. 

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Tips Cegah Tukak Lambung

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar