Sukses

Alergi Karena Makan Mie

26 Nov 2014, 19:05 WIB
Wanita, 18 tahun.

Sekarang jika makan mie tubuh sy akan timbul bercak" merah dan terasa gatal. Tumbuhnya hampir disluruh badan bahkan juga wajah kadang disertai demam. Ini sdh hampir trjadi 7 bulan dan untuk mnghilangkannya sy konsumsi obat interhistin apa ini bisa disebut alergi ? Bagmna mngobatinya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Pada dasarnya mie memilki bahan dasar tepung terigu (gandum) yang termasuk di dalam golongan karbohidrat sehingga bisa menggantikan nasi. Jadi sebagai sumber tenaga, mie merupakan salah satu sumber yang cukup baik.

Namun yang kurang dari mie adalah kandungan seratnya yang sangat minim. Makanan berserat tentu jauh lebih baik karena makanan yang tidak berserat akan diserap dan dijadikan lemak sehingga memudahkan seseorang menjadi obesitas. Obesitas sendiri dapat merembet ke berbagai penyakit seperti sumbatan pada jantung dan penyakit diabetes melitus.

Yang lebih perlu diwaspadai adalah kandungan MSG yang terdapat di dalam bumbu-bumbu mie. MSG banyak mengandung bumbu pengawet yang dapat menyebabkan alergi. Alergi ini bisa bermanifestasi dalam banyak bentuk pada tubuh; bercak merah dan/atau rasa gatal pada kulit, bengkak pada muka atau wajah, gangguan pencernaan, sesak nafas, dalam keadaan berat bisa sampai syok yang menyebabkan kematian.

Untuk menanganinya diperlukan obat-obatan yang dapat meredakan alergi, salah satunya golongan antialergi dan antihistamin; Chlorpheniramine, Loratadine, termasuk obat yang Anda sebutkan yang mengandung Mebhidrolin.

Jika Keluhan dirasakan sangat berat atau sering berulang, sebaiknya Anda segera memeriksakan diri ke dokter agar diketahui pasti penyebab keluhan Anda ini dan pilihan terbaik sesuai kondisi Anda.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar