Sukses

Pengaruh Kuret terhadap Siklus Haid

27 Nov 2014, 08:47 WIB
Wanita, 33 tahun.

Sore dok, apakah kuret mempengaruhi haid? Trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salah satu bentuk komplikasi yang tidak diinginkan pasca tindakan kuret adalah Sindroma Asherman.

Sindroma (=kumpulan gejala) Asherman adalah terbentuknya adhesi (perlengketan) pada bagian dalam rahim (endometrium), sebagai akibat dari jaringan parut yang timbul saat tindakan pembedahan. Pasien mengalami pengurangan menstruasi, meningkatnya kejang perut dan rahim, sampai tidak adanya haid (amenorrhea) dan sering menyebabkan kemandulan (infertilitas).

Merupakan kondisi yang jarang. Pada kebanyakan kasus, terjadi wanita yang menjalani tindakan dilatation and curettage (D&C). Infeksi rahim juga bisa sebagai penyebabnya. Perlengketan yang timbul bisa mengakibatkan amenorrhea (tidak haid), keguguran yang berulang, dan infertilitas. Namun kondisi ini bisa juga disebabkan oleh hal lainnya, namun jika munculnya setelah menjalani kuret, maka kemungkinannya adalah sindroma ini.

Sayang sekali Kami tidak bisa memastikan penyebab keluhan yang Anda alami tanpa adanya pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutukan. Untuk itu, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan Anda, untuk memastikan diagnosis dan mencari cara mengatsinya.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar