Sukses

Perawatan Kulit Berminyak

28 Nov 2014, 15:24 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat sore dok, saya mau bertanya area wajah saya berminyak terkecuali di hidung aja dok yang berminyaknya berlebihan. apa jenis kulit wajah saya dok?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter. 

Perlu diketahui bahwa setiap kulit manusia memiliki variasi yang berbeda, termasuk jenis kulit. Berdasarkan apa yang Anda utarakan, Anda dapat dikategorikan sebagai pemilik kulit berminyak kendati hal ini sebaiknya dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik secara langsung.

Penyebab kulit berminyak adalah aktifitas kelenjar minyak (sebum) yang berlebihan. Berikut adalah langkah-langkah mengatasi kulit berminyak dapat Anda terapkan:

  • Bersihkan wajah, setidaknya 2 kali sehari terutama saat selesai beraktifitas dan setelah memakai make up
  • Gunakan pembersih wajah khusus kulit berminyak
  • Pilihlah pelembab yang berbahan dasar air
  • Gunakan tabir surya dengan kekuatan SPF minimal 30, ulang pemakaian setiap 2 jam sekali
  • Pilih segala macam produk perawatan kulit yang bertanda non comedogenic
  • Tingkatkan konsumsi vitamin A, C dan E dalam nutrisi harian
  • Minum air putih minimal 1,5 liter per hari
  • Bila ada jerawat, sembuhkan dahulu jerawat Anda.

Untuk pengobatan topikal, dapat menggunakan retinoic acid dioleskan pada malam hari setiap hari. Selain untuk mengobati komedo dan jerawat, obat ini dapat pula mengecilkan pori-pori dan mencerahkan kulit. Awal penggunaan jerawat dapat muncul semakin banyak, kulit menjadi merah serta mengelupas, namun penggunaan obat harus tetap dilanjutkan sampai minimal 3 bulan, jika perlu seterusnya. Hindari paparan sinar matahari jika menggunakan obat tersebut atau gunakan sunblock dengan SPF minimal 30. Namun memilih sunblock juga harus berhati-hati karena sebagian besar dapat memicu munculnya komedo lebih banyak, pilihlah sunblock dan semua produk perawatan kulit yang berlabel non-comedogenic. Pada jerawat yang berukuran besar dan meradang dapat diberikan suntik kortikosteroid. Semua terapi ini harus atas indikasi dan berada di bawah pengawasan Dokter.

Prosedur lainnya untuk menghilangkan komedo dan jerawat adalah mikrodemabrasi dan atau chemical peeling. Namun sebaiknya sebelum memilih dan melakukan prosedur tersebut, kulit Anda dianalisa terlebih dahulu seperti jenis komedo dan jerawat, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu baru dipilihkan jenis cairan kimia dan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda.

Silahkan baca kumpulan artikel kami mengenai jerawat:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar