Sukses

Saat Si Kecil Naik Pesawat

26 Nov 2014, 17:26 WIB
Wanita, 25 tahun.

dok, bayi saya umur 2bulan sudah amankah bepergian dengan pesawat? makasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Umumnya bayi baru dapat diajak berpergian dengan pesawat terbang komersial setelah berusia 2 minggu. Namun, perlu diingat bahwa sebagian besar ahli menyarankan untuk membatasi paparan bayi baru lahir atau bayi kecil terhadap sekumpulan orang dalam jumlah banyak untuk mencegah bayi tersebut tertular penyakit seperti infeksi virus atau infeksi lain.

Selain itu, proses perjalanan itu sendiri dapat menjadi situasi yang menimbulkan 'stress' pada bayi dan ibunya. Apalagi segala keperluan bayi yang perlu dibawa dalam kabin akan merepotkan dan mengganggu kelancaran perjalanan orang tua.

Perjalanan menggunakan pesawat juga dapat menimbulkan barotrauma (gangguan pada organ telinga akibat peruabahan tekanan udara secara tiba-tiba) sehingga saluran tuba eustachius ditelinga tidak bisa membuka dan menimbulkan gejala nyeri, mendengar suara sendiri, atau perasaan ada air dalam telinga pada saat berada dalam pesawat, itulah sebabnya mengapa dipesawat disediakan permen untuk dikunyah selama perjalanan. Yang perlu Anda  lakukan selama dalam perjalanan terutama saat lepas landas dan mendarat adalah selalu memberikan ASI atau susu kepada bayi Anda, hal ini bertujuan agar tuba tetap membuka pada saat bayi melakukan gerakan menguyah atau menelan.

Karena itu, jika perjalanan ini tidak bersifat sangat perlu, sebaiknya tidak dilakukan sampai anak berusia lebih besar. Jika memang diperlukan, sebaiknya Ibu berkonsultasi secara langsung dengan dokter spesialis anak yang menangani bayi Ibu untuk memastikan kondisi kesehatannya sebelum diajak berpergian dengan pesawat terbang.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar