Sukses

Apakah Ini Stroke?

27 Nov 2014, 15:07 WIB
Pria, 44 tahun.

Selamat siang Dok, saya mau tanya. Istri saya lengan sebelah kanan kalau diangkat sakit, sakitnya bisa sampai ke leher dan kepala sebelah kanan. Kadang - kadang pinggang kanan juga sakit. Apa itu gejala Stroke? Penyakit apa itu? Kenapa hanya hanya sebelah kanan saja? Mohon info. Terima kasih sebelumnya. -Edy-

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Stroke adalah gangguan fungsional otak yang terjadi secara mendadak dengan tanda dan gejala klinis baik terlokalisir maupun menyeluruh yang berlangsung lebih dari 24 jam, atau dapat menimbulkan kematian yang disebabkan oleh gangguan peredaran darah otak.

Berdasarkan penyebabnya, stroke dibedakan menjadi:

  1. Stroke hemoragik. Pecahnya pembuluh darah otak menyebabkan keluarnya darah ke jaringan otak, ruang cairan disekitar otak atau kombinasi keduanya. Penyebab Pecahnya pembuluh darah otak biasanya karena ada trauma aatau hipertensi, tetapi penyebab paling sering adalah kebocoran aneurisma pada area malformasi pembuluh darah otak.

  2. Stroke iskemik. Adalah tanda klinis gejala gangguan fungsi atau kerusakan jaringan otak yang disebabkan akibat dari berkurangnya aliran darah ke otak, sehingga mengganggu pemenuhan kebutuhan darah dan oksigen dijaringan otak. Penyebab dapat oleh sumbatan lemak, bekuan darah, atau berkurangnya seluruh aliran darah ke tubuh akibat gangguan denyut jantung.

Terlalu dini bagi kami untuk mendiagnosa istri Anda terkena stroke tanpa didahului pemeriksaan fisik secara langsung dan disertai pemeriksaan penunjang yang mendukung. Kami sarankan Anda untuk membawa istri Anda ke Dokter Spesialis Saraf, karena sejatinya sebuah diagnosa hanya dapat ditegakkan dengan wawancara medis serta rangkaian pemeriksaan secara mendetail.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

Semoga  Ayah Anda cepat sembuh.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar