Sukses

Batuk Kronis

27 Nov 2014, 17:55 WIB
Pria, 44 tahun.

Salam hormat, Keponakan saya usia 8 bulan, perempuan, berat badan 6 kg, panjang 55 cm. Sudah 1 bulan ini mengalami gejala2: 1. Sering batuk berdahak hebat dengan waktu sekitar 30 detik, seringkali sampai muntah, mengeluarkan isi perut dan lendir 2. Tidak ada panas Sudah 3 kali saya bawa ke puskesmas, ditangani oleh bidan. Menurut bidan tsb. anak saya menderita penyakit batuk 100 hari. Sudah diberikan antibiotik amoxicyllin, namun sampai saat ini masih belum ada perkembangan. Mohon penjelasan tentang penyakit keponakan saya tersebut dan pengobatannya. Hormat saya, Heri R.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga).

Batuk yang keponakan Anda alami termasuk di dalam batuk kronis. Penyebab batuk kronis bermacam-macam, diantaranya adalah:

  1. Alergi
    • dapat disertai keluhan bersin dipagi hari, gatal-gatal pada tubuh, sesak
  2. Asma
  3. Infeksi
    • Tuberkulosis (TBC) ataupun infkesi micoplasma, infeksi sinus
  4. Bronkitis
    • radang pada bronkus-saluran udara ke paru-paru.

Mengingat ketepatan diagnosa hanya dapat dilakukan dengan pemeriksaan fisik langsung disertai dengan beberapa pemeriksaan penunjang, kami sarankan keponakan Anda mengunjungi Dokter Spesialis Anak atau Spesialis Paru untuk pemeriksaan dan terapi lebih lanjut.

Pastikan tubuh dalam keadaan hangat dengan memakai pakaian berlapis atau mengkonsumsi minuman hangat di kala udara dingin. Perhatikan pula keseimbangan asupan nutrisi anak.

Berikut kami lampirkan artikel yang mungkin bermanfaat:

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDoktera

 

0 Komentar

Belum ada komentar