Sukses

Amandel Pada Anak

27 Nov 2014, 16:53 WIB
Pria, 30 tahun.

salam dok,saya mau tanya.Beberapa hari yg lalu keponakan saya yg berumur 5th di diagnosa dokter amandel stadium 4 dan hrs segera di operasi.tetapi setelah masuk r.s kondisi badan nya drop dan sering panas lalu dingin.begitu terus sampai 2 hari.dan dokter tidak berani menjalankan operasi.cek darah normal semua.kira2apa yg terjadi pd ponakan sy dok?tetapi setelah kondisi badan normal atau tdk panas,malah di suruh pulang,dgn alasan biar anak tenang dlu,bagaimana menurut dokter.apakah prosedur tsb mmg sdh benar?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Amandel atau dikenal dengan nama tonsil adalah jaringan limfoid yang berlokasi di mulut atau di kedua sisi dari faring. Fungsi dari tonsil adalah melawan virus dan bakteri yang masuk melalui tenggorokan dengan cara membantu tubuh memproduksi antibodi untuk membantu melawan infeksi.

Infeksi pada tonsil yang disarankan untuk melakukan operasi umumnya disebabkan oleh kuman Streptococcus. Operasi pengangkatan tonsil (tonsilektomi) diindikasikan pada pasien dengan:

  • Tonsilitis akut dengan episode berulang
  • Tonsilitis kronik yang persisten dan menyebabkan nyeri tenggorokan
  • Terdapat keluhan sleep apneu (sumbatan saluran napas akibat tonsil yang membesar)
  • Sulit menelan akibat tonsil yang membesar
  • Tonsil yang sangat besar dengan kripta.

Jadi tidak semua tonsilitis dioperasi. Tonsil sendiri merupakan salah satu pertahanan tubuh sehingga apabila tidak memenuhi indikasi diatas maka tidak perlu dioperasi. Pembesaran tonsil dan adenoid dapat dicegah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh, menghindari pencetus alergi, dan menghindari zat yang merangsang pembesaran tonsil dan adenoid seperti MSG dan dingin.

Apabila terdapat peradangan baik faring maupun tonsil, dapat diatasi dengan obat-obatan, baik antiradang, batuk, atau antibiotik bila perlu.

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjawab pertanyaan Anda:

Komplikasi Radang Amandel

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar