Sukses

Dugaan Rematik dan Lipoma

27 Nov 2014, 15:26 WIB
Pria, 34 tahun.

kenapa lengan tangan sampai jari saya terasa nyeri dan linu itu terjadi pada 2 lengan saya. dan di lengan saya terdapat benjolan kalo saya amati bentuknya seperti lipoma. benjolan sebesar biji klengkeng dan olah raga saya badminton 2 x dlm seminggu. apa yang terjadi dengan sakit yang saya alami?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Pada umumnya nyeri sendi yang melibatkan lebih dari satu sendi diakibatkan oleh penyakit rematik. Meski demikian, tidak semua nyeri sendi jari-jari dan  lengan selalu akibat penyakit rematik.

Rematik merupakan peradangan bagian dalam kapsul sendi karena adnya antibodi abnormal yang justru menyerang bagian tubuh sendiri, yakni kapsul sendi. Penyakit rematik memang kerap menyerang sendi-sendi jari-jari dan pergelangan tangan. Biasanya penyakit ini menyerang lebih dari tiga sendi dan mengenai kedua tangan secara simetris pada waktu yang bersamaan.

Sedangkan lipoma adalah suatu tumor (benjolan) jinak yang berada dibawah kulit yang terdiri dari lemak. Biasanya lipoma dijumpai pada usia lanjut (40-60 tahun), kendati dapat pula dijumpai pada anak-anak. Tumor jinak ini dapat muncul dimanapun pada tubuh dan biasanya berada lebih ke permukaan kulit (superficial). Lokasi terbanyak lipoma adalah kepala, leher, bahu, badan, punggung, atau lengan. Terkadng lipoma juga ditemukan pada daerah yang lebih dalam dari kulit seperti otot, saraf, sendi, ataupun tendon.

Pada dasarnya lipoma tidak perlu dilakukan tindakan apapun, kecuali bila menimbulkan sensasi nyeri dan mengganggu pergerakan. Penanganan lipoma secara optimal adalah operasi bedah, yang banyak dilakukan untuk alasan kosmetik. Operasi ini dilakukan dengan cara menyayat kulit diatasnya dan mengeluarkan lipoma yang ada. Perlu diketahui bahwa akan ada bekas luka operasi sesuai dengan panjangnya sayatan. 

Untuk memastikan diagnosa dari keluhan yang Anda alami, kami sarankan Anda untuk memeriksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung beserta penunjang yang terkait.

Semoga penjelasan ini bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar