Sukses

Apakah Saya Hamil?

27 Nov 2014, 08:45 WIB
Wanita, 22 tahun.

siang dok, saya sudah menikah sejak 5 bulan yg lalu ,, yang mau saya tanyakan : saya terakhir haid itu tgl 25 september dan sampai saat ini blm haid lagi,, tetapi saya tes pakai tespeck hasilnya selalu nihil dan tes nya di pagi hari .. apakah saya hamil atau ada masalah dengan rahim saya dok ?? mohon penjelasannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Apakah Anda sudah melakukan tes kehamilan?

Cara termudah yang bisa Anda lakukan yaitu pemeriksaan menggunakan testpack. cara ini adalah yang paling umum dilakukan pada satu hari setelah haid terlambat datang pada wanita dengan siklus menstruasi teratur. Cara ini tergolong mudah dan murah karena testpack bisa dengan mudah Anda beli di apotik dan supermarket dan hasilnya instan bisa terlihat saat itu juga. jika hasil negatif namun haid tidak kunjung datang, Anda bisa mengulangnya 1-2 minggu kemudian. Karena hasil yag didapatkan berdasarkan perubahan hormon, maka test ini mempunya nilai negatif dan nilai positif palsu sehingga kepastian kehamilan harus didukung dengan tanda dan pemeriksaan kehamilan yang lain.

Cara lain yang dapat dilakukan dalam pemeriksaan kehamilan, yaitu;

  • Mendengar detak jantung janin.

Denyut jantung Janin mulai berdetak pada trismester pertama, namun masih sulit terdengar dengan alat Doppller, bahkan hingga usia 12 minggu.

  • Pemeriksaan USG.

Cara ini merupakan cara yang digunakan dokter untuk memastikan kehamilan pada wanita karena sangat akurat dan tanpa efek samping.

  • Foto Rontgen

Cara ini hanya dilakukan pada kondisi tertentu, karena memiliki efek samping akibat radiasi yang digunakan terhadap janin.

Karena keterbatasan, kami tidak dapat memastikan kondisi Anda tanpa adanya pemeriksaan fisik dan penunjang yang dibutuhkan. Untuk itu kami sarankan Anda untuk segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan atau fasilitas kesehatan terdekat.

Berikut kami sertakan pula artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar