Sukses

Ulu Hati Nyeri dan Panas

07 Apr 2015, 14:52 WIB
Pria, 33 tahun.

Dokter mau tanya dok, ayah saya berusia 50 th, perut sakit di tengah, dan panas, sebab nya kenapa ya dok, sdh dikasi obat sirup episan dan tablet lanzoprazole. tetapi panas di perut masih ada. melilitnya kdg ada, kdg muntah juga ya dok.. mohon bantuan jawaban dokter. makasih dokter.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Keluhan ayah Anda ini memang sangat mungkin diakibatkan oleh maag, namun hal ini perlu dipastikan lagi dengan menyingkirkan kemungkinan diagnosis yang lain. Gejala sakit maag itu bervariasi, beberapa gejala sakit maag adalah nyeri pada perut (ulu hati, perut kiri atau tengah dapat menyebar ke dada atau ke punggung), mual, muntah, nyeri kepala (kepala berputar atau nyeri kepala seperti melayang), hingga lemas, sulit makan, penurunan berat badan. 

Untuk mengatasi maag yang ayah Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Mengingat keterbatasan kami dalam melakukan pemeriksaan fisik, akan lebih baik jika ayah Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis penyakit dalam sehingga dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan juga dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti endoscopy. Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar