Sukses

Penyebab Pusing

07 Apr 2015, 17:44 WIB
Pria, 31 tahun.

Sakit Sudah 5 tahun dengan keluhan -setiap saat pusing kaya mau jatuh + badan bergoyang kanan kiri -kadang disertai sakit kepala belakang deket leher -kadang perut terasa tidak enak,terasa menggantung -kadang tenggorokan terasa ada yg mengganjal -Perut terasa berdenyut/berdetak terus menerus -kadang sangat lemas disertai detak jantung yg tidak biasa -Keluhan meningkat jika cuaca dingin / capek Riwayat penyakit selama berobat taon 2009-2010 -Maag kronis HP -TBC -Hepatitis A Keadaan sekarang -tidak biisa berjalan jauh karena pusing -malas bicara banyak dan keramaian karena suka sakit kepala Yang ingin saya tanyakan saat ini penyakit apa yg membuat kepala saya pusing??? sudah banyak saya kunjungi dokter spesialis saraf dan spesialis dalam tapi belom dapat jawabannya

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Pusing biasanya disertai perasaan lingkungan seperti berputar bisa dikarenakan vertigo. Vertigo sendiri banyak penyebabnya, bisa dari organ mata, telinga atau otak. Jika pengangkatan kelenjar di daerah telinga namun tidak melukai telinga bagian dalam, seharusnya tidak menyebabkan keluhan pusing berputar. Izinkan kami menjelaskan tentang vertigo.

Vertigo didefinisikan sebagai rasa pusing berputar, sehingga sekeliling kita atau diri kita rasa berputar. Vertigo sendiri dapat dibedakan menjadi dua:

  1. Vertigo sentral: gangguan pada saraf otak
  2. Vertigo perifer: gangguan pada kanalis semisirkularis telinga, penyebab paling sering dari vertigo

Pada vertigo perifer, pencegahan yang terbaik adalah dengan mengatasi masalah pada organ keseimbangan tersebut, hal ini dapat dilakukan oleh dokter ahli telinga, hidung, dan tenggorokan (THT) atau oleh dokter spesialis syaraf. Dokter akan melakukan manuver-manuver yang berhubungan dengan posisi tubuh Anda (Hallpike maneuver) sehingga dapat mengurangi atau menyembuhkan vertigo. Bila sudah terlanjur terkena vertigo, pengobatan sederhana yang dapat menolong Anda adalah dengan mengkonsumsi obat-obatan, memejamkan mata, dan menjaga agar posisi kepala tidak bergerak.

Sudahkah Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT atau spesialis syaraf? Kami menyarankan Anda berobat ke dokter untuk menentukan jenis vertigo pada Anda: vertigo perifer atau sentral. Vertigo sentral melibatkan saraf otak oleh karena itu harus segera ditangani.

 

Berikut kami sertakan artikel yang dapat membantu Anda:

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar