Sukses

Cedera Kepala Ringan Pada Anak

26 Nov 2014, 09:54 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dokter saya mau tanya.,dok anak saya ke jedot tempor usia 3 bulan..ga apa tuh dok..tp tidak keras ke jedotnya pelan..jawab ya dok..terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cedera kepala adalah setiap trauma pada kepala yang menyebabkan cedera pada kulit kepala, tulang tengkorak maupun otak.

cedera kepala paling sering ditemukan pada anak-anak yang berumur kurang dari 1 tahun dan pada remaja diatas 15 tahun, serta lebih banyak terjadi pada anak laki-laki. Setiap cedera kepala berpotensi menimbulkan akibat yang serius, karena itu setiap anak yang mengalami cedera kepala diperiksa secara seksama.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, pada anak Anda terjadi cedera kepala tertutup, dimana kepala menerima suatu tekanan tumpul karena membentur suatu benda. Tanda dan gejala cedera kepala bisa terjadi segera atau timbul secara bertahap selama beberapa jam. Jika setelah terbentur, seorang anak segera aktif kembali, maka kemungkinan telah terjadi cedera ringan. Tetapi tetap harus diawasi secara ketat selama 24 jam karena gejalanya mungkin saja baru timbul beberapa jam kemudian.

Gejala yang dapat muncul berupa muntah, pucat, rewel atau tampak mengantuk, tanpa disertai penurunan kesadaran maupun tanda-tanda kerusakan otak. Jika gejala terus berlanjut sampai lebih dari 6 jam atau jika gejala semakin memburuk, maka perlu segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengetahui apakah telah terjadi cedera kepala berat yang harus ditangani segera.

Pada cedera kepala yang ringan, anak mungkin tidak perlu menjalani perawatan, tetapi orang tua harus mengawasi secara ketat dan segera membawanya ke rumah sakit jika terjadi muntah yang terus-menerus dan kesadaran anak semakin menurun.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar