Sukses

Interpretasi Hasil Lab

26 Nov 2014, 16:28 WIB
Pria, 66 tahun.

hasil lab basofil 1.030 ; Eosinofil 8.87 ; Batang 0.00 ; Monosit 8.21; Ldl 161 HDL 45 Trigliserida 92; asam urat 5.6 Glukosa puasa 103 gluk 2 jam pp 92 SELAMA INI TIDAK ADA KELUHAN YANG BERAT MOHON PENJELASAN DOKTER NILAI LAB TSB. TKS BANTUANNYA

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. Perlu diketahui nilai normal masing-masing pemeriksaan bergantung dari laboratorium pemeriksaan. Disini kami akan menjelaskan nilai normal yang umumnya digunakan. Sebaiknya Anda melampirkan hasil konsultasi Anda kembali ke dokter yang menganjurkan Anda untuk tes laboratorium. Selain itu, hasil laboratorium saja tidak dapat menunjukkan diagnosis suatu penyakit. Dibutuhkan pemeriksaan fisik dan anamnesis terlebih dahulu. Pemeriksaan laboratorium hanyalah pemeriksaan penunjang.

Hitung Jenis Leukosit

Basofil, eosinofil, neutrosit batang, dan monosit merupakan bagian dari hitung jenis sel leukosit. Masing-masing dari sel tersebut dapat menunjukan kelainan bila terdapat infeksi atau alergi di dalam tubuh. Nilai normalnya bergantung dari jumlah leukosit Anda. Oleh sebab itu dibutuhkan data leukosit Anda. Berikut adalah nilai hitung jenis sel leukosit:

  • Neutrofil : 50-70 %
  • Limfosit : 25-40 %
  • Monosit? : 2-8 %
  • Eosinofil? : 2-4 %
  • Basofil? : 0-1,0 %

Profil Lipid

High density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik berfungsi untuk membawa timbunan lemak kembali ke hati. Nilai normalnya adalah >40 mg/dL untuk laki-laki dan >50 mg/dL bagi wanita. Sedangkan trigliserida merupak bentuk lain lemak, nilai normalnya adalah < 150 mg/dL. Berdasarkan data yang Anda berikan kadar HDL dan trigliserid Anda dalam batas normal. Namun, dibutuhkan peeriksaan lainnya seperti LDL, kolesterol total untuk mengetahui profil lipid Anda.

Asam Urat

Nilai normal asam urat berkisar 2.4-6.0 mg/dL (wanita) dan 3.4-7.0 mg/dL (pria). Karena Anda pria, maka nilai Anda masih dalam batas normal.

Gula Darah 

Dilakukan untuk mengetahui dan menunjang diagnosis diabetes mellitus (kencing manis). Hasil lab Anda dalam batas normal.

  • Nilai normal gula darah puasa (GDP) : < 126 mg/dL
  • Nilai normal gula darah 2 jam post prandial (GD2PP) : < 140 mg/dl

Berdasarkan seluruh data yang Anda berikan, hasil laboratorium menunjukan dalam batas normal. Kami sarankan Anda berkonsultasi kembali ke dokter yang menangani Anda karena seperti yang sudah diberitahukan bahwa pemeriksaan laboratorium hanyalah pemeriksaan penunjang bukan merupakan cara utama mendiagnosis suatu penyakit.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

 

0 Komentar

Belum ada komentar