Sukses

Buang Air Berdarah?

26 Nov 2014, 13:59 WIB
Pria, 24 tahun.

DOk, saya baru-baru ini kalo buang air kenapa suka keluar darah yah dok.? Lantas pengobatan sperti apa yg hrus saya lakukan dok.?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebelumnya kami perlu konfirmasi terlebih dahulu, apakah yang Anda maksud buang air kecil bercampur darah atau buang air besar bercampur darah? karena penyebab dan penanganan kedua hal tersebut sangatlah berbeda.

Buang air kecil (BAK) berdarah dapat disebabkan oleh infeksi saluran kemih, batu saluran kemih atau batu ginjal dan trauma ginjal. Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti cek urine. Penanganannya pun bergantung penyebabnya. Untuk mencegah gangguan saluran kemih, setiap individu dianjurkan untuk mengonsumsi air putih minimal 8 gelas/hari, jangan menahan BAK, kontrol asam urat, dan jaga kebersihan saluran kemih.

Jika yang Anda maksud adalah buang air besar (BAB) berdarah, maka dapat disebabkan oleh wasir, polip di anus, iritasi anus, atau gejala kanker usus besar maupun rektum. Penyebab tersering BAB berdarah adalah wasir (hemoroid) yang disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah anus. Hal ini biasanya disebabkan oleh penekanan terlalu lama di daerah bokong atau kebiasaan mengedan dan konsumsi serat yang kurang.

Karena informasi yang sangat terbatas tentang keluhan Anda. Kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan dan diberikan pengobatan yang sesuai.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar