Sukses

Benjolan Pada Vagina

06 Apr 2015, 13:00 WIB
Wanita, 33 tahun.

Slmt sore dok..wktu hamil ank pertma disaat usia kndungan 8 bln,stiap sy lgi buang air besar disaat lgi mengedan dr vagina sy kluar bnjolan yg lmyan besar,dipegang lunak n tdk skit..sy kedkter kndungan di sedot berisikan cairan gitu dok.tp sy tdk dpt pnjlsan psti..stlh itu bnjolan itu ga prnh ada lgi..nah pas hmil ank ke 2 dgn jrak khmilan krg lbih 3thn,dsaat sy hmil besar bnjolan itu muncul lagi stiap sya mengedan pas buang air besar,,tp stiap di pencet kluar cairan kental semacam lendir gitu dok..skrg stlh ank sy yg ke 2 sudah umur 5 th..keluhan sy knp stiap hbs brhubungan dgn swami pasti beberapa jam kemudian atau besokny pasti kluar cairan itu lgi dok..cairan kental smcm lendir atau ingus brwarna hijau,kluart cukup byk tp tdk ada keluhan sakit atau nyeri saat brhubungan..yg ingin sy tnyakan..apakah llendir yg kluar itu beerasal dri benjolan waktu sy hamil ya dok..trs kira2 itu benjolan apa ya dok..apakah berbahaya..trimakasih atas jawabanya ya dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Ada beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada vagina. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat menyebabkan benjolan pada bibir vagina:  

  1. Kista Bartholin/abses kelenjar Bartholin. Kista ini berasal dari kelenjar bartholin yang tersumbat. Setiap wanita memiliki sepasang kelenjar bartholin pada bibir vagina. Kelenjar yang tersumbat menyebabkan munculnya benjolan (kista) dan dapat pula terinfeksi sehingga meradang. Bila sudah radang, maka benjolan akan menjadi nyeri, kemerahan, dan hangat. Bila terdapat nanah kemungkinan sudah menjadi abses/bisul.
  2. Fibroma: tumor jinak yang berasal dari jaringan ikat pada bibir vagina
  3. Lipoma: tumor jinak yang berasal dari jaringan lemak.
  4. Sarkoma: tumor ganas yang berasal dari jaringan ikat.
  5. Adenocarcinoma Bartholin: tumor ganas dari kelenjar Bartholin  
  6. Pembengkakan kelenjar getah bening. Biasanya disebabkan karena ada infeksi, terutama bila timbul keputihan atau gatal pada vagina.

Untuk mengetahui benjolan itu berbahaya atau tidak, diperlukan pemeriksaan ke dokter. Dari pemeriksaan fisik, Dokter akan dapat menduga benjolan tersebut ganas atau tidak. Saran kami adalah Anda memeriksakan diri ke dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar