Sukses

Obat Anti Nyeri saat Haid

25 Nov 2014, 14:49 WIB
Wanita, 27 tahun.

hari pertama haid pasti sakit, trus saya minum obat feminax 1 tablet, apa ada efek sampingnya ya dok, trims

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Nyeri perut bagian bawah memang sering ditemukan pada perempuan yang sedang menstruasi. Nyeri tersebut diakibatkan oleh hormon prostaglandin yang dikeluarkan oleh otot-otot dinding rahim. Prostaglandin menstimulasi otot rahim tersebut untuk berkontraksi, menyebabkan suplai darah ke rahim berhenti untuk beberapa saat dan meningkatkan sensitivitas ujung-ujung saraf nyeri, sehingga menimbulkan rasa nyeri. Prostaglandin juga bertanggung jawab terhadap gejala muntah, diare, dan sakit kepala yang biasanya juga muncul bersamaan dengan nyeri perut.

Nyeri haid ini masih dibilang normal jika berlangsung selama 2 - 3 hari, umumnya dimulai sehari sebelum mulai menstruasi. Jika Anda telah mengalami nyeri haid ini sejak pertama kali menstruasi, hal ini disebutkan dismenore primer, dan merupakan hal yang normal atau fisiologis. Seiring dengan bertambahnya usia, intensitas nyeri semakin berkurang, dan biasanya akan hilang setelah mengalami kehamilan.

Sementara itu, untuk meredakan nyeri (bila diperlukan), Andadapat meminum obat anti nyeri. Sedangkan Feminax mengandung paracetamol (anti nyeri) dan spasmolitik (mengurangi tegangan otot rahim).  Obat-obat ini tidak berbahaya (karena itu dijual bebas). Namun, setiap obat memiliki risiko terjadinya efek samping, tak terkecuali obat-obat bebas ini. Umumnya efek yang perlu diperhatikan adalah efeknya terhadap saluran cerna (iritasi, seperti magg), hati, maupun ginjal. Karena itu konsumsi obat-obat ini sebaiknya hanya saat benar-benar diperlukan. Efeknya memang bukan langsung pada rahim, karena obat-obat ini sifatnya meredakan atau menyamarkan rasa sakit yang ada.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar