Sukses

Nyeri Telinga Pada Otosklerosis

28 Nov 2014, 13:28 WIB
Pria, 31 tahun.

Dok ini pertanyaan yang saya ulang dari sebelumnya tgl 23-Nov-2014 namun tidak ada reply. tujuh tahun yang lalu dokter THT menginformasikan saya mengalami otosklerosis pada telinga kiri saya. Pada saat itu dokter menyarankan untuk check apakah mungkin dilakukan operasi atau memakai ABD. Namun dua hal tersebut tidak saya lakukan. sekarang saya sering mengalami nyeri di telinga kiri saya, apakah hal ini disebabkan oleh otosklerosis seperti yang diinfokan dokter THT ? mohon advise-nya.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Menjawab pertanyaan Anda, jawabannya bisa iya atau tidak. Iya dapat berhubungan jika gangguan otosklerosis ini sudah terjadi kerusakan saraf sehingga terjadi gangguan nyeri pada telinga. Untuk dapat memastikan penyebab keluhan Anda, kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter THT Anda kembali, penanganan sedini tentunya jauh lebih baik untuk mencegah kerusakan semakin meluas. Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai Otosklerosis. 

Otosklerosis adalah pertumbuhan tulang abnormal di telinga tengah dan terutama memengaruhi tulang stapes kecil. Akibatnya, tulang stapes tidak dapat menghantarkan suara sebagaimana fungsinya. Kondisi ini menyebabkan gangguan pendengaran perlahan pada awalnya, tetapi terus memburuk secara bertahap.

Hingga saat ini penyebab terjadinya Otosklerosis belum diketahui secara pasti. Namun, ada beberapa kasus yang menunjukan bahwa penyakit ini mungkin diturunkan dalam keluarga dan resiko pada wanita dua kali lebih besar daripada pria. 

Gejala Otosklerosis umumnya ada tiga macam, yaitu

  • Paracusis, di mana penderita bisa mendengar dengan lebih baik saat terdapat lebih banyak suara di sekitarnya.
  • Tinitus, merupakan suara abnormal yang didengar dan tidak berasal dari luar telinga. Suara-suara ini bisa berupa dengungan.
  • Vertigo

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar