Sukses

Sauna Pasca Melahirkan Cara Caesar

18 Feb 2015, 15:48 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok bulan April yg lalu sy telah melahirkan secara caesar krn pada wkt itu posisi anak sy sungsang dan sama skali sy tidak merasakan mulas, saya juga memberikan ASI pd Anak sy smp saat ini, yg ingin saya tanyakan apa boleh pasca operasi caesar sy ikut sauna, apa ada efeknya dengan produksi ASI sy setelah ikut sauna Dok, karena setelah melahirkan BB sy turunnya sedikit dan sy ingin mengecilkan bdn terutama perut karena pasca operasi perut sy tidak pakai korset atau yg lainnya. Terima kasih Dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Jika Anda dapat memastikan luka operasi caecar tersebut sudah kering dan sembuh sempurna, maka tidak ada larangan untuk anda melakukan aktivitas sauna. Selain itu, tidak ada pengaruh langsung dari sauna kepada produksi ASI anda, baik kualitas maupun kuantitas.

Namun, jika tujuan anda bersauna untuk mengurangi berat badan, maka perlu anda tiinjau ulang kembali.

Sauna tentunya berbeda dengan kegiatan olahraga yang sesungguhnya, mari kita pikirkan sekali lagi, mereka yang menganggap sauna sebagai bentuk olahraga adalah karena keringat yang mereka rasakan mengalir keluar dari tubuh mereka, namun olahraga tidak selalu tentang seberapa banyak Anda berkeringat.

Namun yang terjadi di dalam bilik sauna adalah suhu tinggi yang membuat tubuh kita berada dalam kondisi yang terlalu panas, perlu Anda ketahui tubuh manusia memiliki mekanisme pengaturan panas, ketika terlalu panas tubuh kita akan berusaha melepas panas itu dan menurunkan suhu tubuh, salah satu caranya adalah dengan melebarnya pembuluh darah, lalu panas pun menguap, dan keluar melalui bentuk keringat.

Secara harfiah ketika manusia berkeringat memang dapat kita katakan sebagain cairan tubuh sedang dikeluarkan, dan bobot tubuh dapat sedikit sekali berkurang karena cairan yang keluar ini, namun dibandingkan dengan olahraga, tentunya, olahraga yang sesungguhnya jauh lebih banyak membakar kalori.

Kami tidak mengatakan sauna tidak baik untuk dimasukkan sebagai agenda rutin Anda, sama sekali tidak. Sauna baik jika dilakukan pada saat yang tepat dan durasi waktu yang wajar, misalnya 10-15 menit sehari. Jadi jika Anda menyukai sauna, sebaiknya jangan lupakan aktivitas olahraga Anda yang lain.

Berikut kami sertakan artikel terkait untuk menambah wawasan anda;

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar