Sukses

Cara Agar Berat Janin Yang Kurang Menjad Normal
25 Nov 2014, 12:33 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok. saya hamil 33w. berat janin saya 1765 gr. gimana ya caranya biar berat janin saya normal? terimakasih dok :)

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Pada saat usia kehamilan mencapai 33 minggu, Berat badan normal sekitar 1,9-2 kg saat ini dengan panjang total badan 41-42 cm. Tulang-tulangnya semakin mengeras dan bergabung menjadi satu sehingga memudahkan janin untuk bergerak dan memasuki saluran ketika dilahirkan nanti (panggul). Tulang ini belum berfusi (bergabung) secara sempurna sampai saat remaja nantinya, karena itulah tulang dapat tetap tumbuh seperti layaknya jaringan otak. Mata janin sudah dapat mengenali cahaya dengan berkonstriksi dan berdilatasi ketika terpapar oleh cahaya. Perkembangan paru janin hampir sempurna dengan lemak tubuh yang terus berakumulasi di bawah kulitnya untuk perlindungan dan menjaga kehangatan janin. Berat badan janin akan meningkat drastis dalam beberapa minggu  terakhir sebelum dilahirkan.

Berat badan janin yang kurang tentunya dapat menyebabkan berbagai kemungkinan gangguan kesehatan janin. Oleh sebab itulah ibu hamil sangat dianjurkan untuk menambah berat badan janin hingga batas wajar agar janin terhindar dari gangguan kesehatan dan dapat tumbuh dan berkembang dengan sempurna.

Salah satu hal yang paling penting sebagaara menambah berat badan janin adalah mengetahui penyebab, mengapa janin dalam kandungan memiliki berat badan yang kurang. Dengan demikian akan mudah mengambil langkah untuk meningkatkan berat badan janin. Kami sarankan untuk menambah asupan nutrisi bagi ibu hamil dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung protein, karbohidrat, lemak tak jenuh dan kalsium selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah cara menambah berat badan janin dalam kandungan :

  1. Minumlah susu untuk Ibu hamil setiap hari secara rutin pagi dan sore hari atau malam sebelum tidur .
  2. Perbanyak mengkonsumsi konsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran setiap hari.
  3. Mengkonsumsi daging ayam atau sapi yang sehat untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh selama masa kehamilan.
  4. Perbanyak mengkonsumsi ikan laut sepeti ikan salmon, ikan tenggiri dan lain sebagianya.
  5. Minum suplemen atau multivitamin untuk Ibu hamil yang diresepkan oleh dokter .
  6. Hindari minuman bersoda.
  7. Hindari makanan yang pedas.
  8. Perbanyak minum air putih serta olahraga yang seimbang.

Sesuai dengan usia kehamilan Anda saat ini, rutinlah memeriksakan kehamilan setiap 2 minggu pada fasilitas medis terdekat agar perkembangan janin selalu terpantau. Dan segeralah ke dokter jika mengalami gangguan kehamilan yang tidak diinginkan. Jangan mengkonsumsi segala bentuk obat atau produk nutrisi tanpa sepengetahuan dokter.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar