Sukses

Menderita Kelainan Trombosit

22 Feb 2015, 21:23 WIB
Pria, 36 tahun.

Dok,anak saya laki2 3,5th didiagnosa mnderita klainan trombosit(TDK ganas) krn sumsum tulang TDK bkrj smpurna..dng gjala spy dbd bintik merah&lebam..stlh minum obat gjala bintik me rah+lebam hilang..to KNP berat tbh-nya rndah. Kata dokter sari2 makanan disedot tbh utk recovery sel yg rusak.mohon saran..trimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda dan keluarga.

Perlu kami tanyakan sebelumnya, kelaianan trombosit apakah yang Anda maksud? Diagnosa apa yang dikatakan oleh dokter kepada Anda?

Berdasarkan gejala yang Anda sampaikan kondisi anak anda dapat mengarah kepada kelainan trombosit yang disebut dengan ITP, walaupun tidak menutup kemungkinan penyebab lain.

Idiopatik Trombositopenia Purpura (ITP) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan penurunan jumlah trombosit karena sebab yang tidak diketahui. Bagi anak yang memiliki ITP, semua sel darah normal kecuali trombosit. Hal ini disebabkan karena meningkatnya penghancuran trombosit oleh antibodi tubuh.

ITP pada anak-anak umumnya didahului oleh infeksi virus. ITP pada anak umumnya ringan dan tidak memerlukan terapi. 80% ITP pada anak akan sembuh dalam waktu 6 bulan, kebanyakan dalam waktu 1-2 bulan. Apabila sudah berlangsung > 6 bulan maka dikatakan sebagai ITP kronik. ITP kronik jarang terdapat pada anak-anak (20%).

Pengembalian kadar trombosit akan terjadi perlahan-lahan dalam waktu 2-4 minggu dan paling lama 6 bulan. Yang perlu dilakukan adalah observasi dan kontrol teratur dengan dokter spesialis anak sub hematologi (darah). Pada perawatan di rumah, yang penting adalah pengawasan terjadinya perdarahan atau komplikasi (perdarahan di kepala, perdarahan di perut), makan makanan bergizi, dan istirahat. 

Seperti yang saya katakan di atas, umumnya ITP pada anak adalah ITP akut dan akan sembuh spontan pada 80% kasus dalam waktu 1-2 bulan, paling lama 6 bulan. Jika memang anak anda mengalami gejala infeksi atau perdarahan hebat, maka kami sarankan Anda segera mengkonsultasikan kondisi anak anda dengan dokter spesialis anak untuk penatalaksanaan lebih lanjut.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar