Sukses

Bayi Sulit BAB

26 Nov 2014, 11:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, anakku berumur 2 bulan 9 hari dengan berat badan 6 kilo. Sudah 7 hari anakku gak bab. Minumnya seling sufor dan asi tapi lebih fokus ke asi karna sufor hanya pendamping aja. Selama ini minum sufornya sudah lama dan bab nya lancar skitar 2 hari skali tiba2 ini gak bab, hanya sdikit skali dlm shari dua kali krn efek nangis jd pup. Sehari2 anakku juga sering kentut2 sampai baunya kaya pup. Apakah ini normal dok ? Karna saya khawatir skali. Trims

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Salam kami untuk buah hati Anda tercinta.

Kami memahami kekhawatiran Anda.

BAB pada anak memang bergantung pada asupan makanan yang diberikan. Jika saat ini anak Anda konsumsi ASI dan Sufor memang ada kemungkinan asupan sufor tersebut maka akan mempengaruhi frekuensi BAB anak. Bayi yang disusui ASI memiliki tinja yang lebih lunak, sehingga gerakan usus menjadi lebih mudah, memiliki kadar hormon tertentu lebih tinggi sehingga ada peningkatan gerakan usus dan biasanya nutrisi ASI akan terserap sempurna kedalam tubuh sehingga tidak ada sisa pembuangan. Sedangkan susu formula lebih sulit untuk dicerna, umumnya gerakan usus pada bayi-bayi ini lebih lambat sehingga mengakibatkan BAB lebih jarang, tinjanya lebih tebal. Selain itu jika frekuensi masuknya susu juga kurang, bayi cenderung lebih sulit BAB.

Jika anak Anda diberikan susu formula, perlu diketahui apakah konsumsi susu formula dengan kadar zat besi tinggi, susu formula dengan kandungan lemak nabati misalnya kelapa sawit, atau pembuatan susu formula terlalu pekat. Jadi perlu diperhatikan kembali jenis susu formula yang dikonsumsi dan bagaimana pembuatan dan penyajiannya. 

Jika saat ini produksi ASI Anda lancar, kami sarankan sebaiknya fokus saja pada pemberian ASI tanpa diselingi oleh Sufor yaitu dengan pemberian ASI eksklusif yaitu pemberian ASI saja pada bayi sampai usia 6 bulan tanpa tambahan cairan ataupun makanan lain (WHO). Asupan tambahan bisa Anda berikan saat bayi sudah memasuki masa MPASI (6 bulan keatas). Yakinkan dalam hati Anda bahwa ASI yang diberikan kepada bayi Anda sangat cukup sehingga tidak perlu diberi tambahan asupan cairan lain. 

Berikut cara pijat bayi untuk mengatasi bayi yang susah buang air besar yang bisa Anda lakukan dirumah:

 

  1. Gerakan pijat "I Love U" juga bisa membantu masalah sembelit pada bayi. Caranya, pijat dengan gerakan menyerupai huruf ‘I’ dari atas ke bawah pada perut bayi sebelah kiri, setelah itu, pijat dengan gerakan menyerupai huruf ‘L’ terbalik dari atas ke bawah mulai dari sebelah kanan atas ke kiri bawah perut bayi.. Terakhir, pijat dengan gerakan menyerupai huruf ‘U’ terbalik dari sebelah kanan ke kiri perut bayi.
  2. Usap lembut dengan arah memutar berbentuk lingkaran kecil mengelilingi pusar bayi searah jarum jam. Gerakan ini mengikuti arah pergerakan usus halus sehingga membantu makanan yang terdapat di dalamnya bergerak ke arah caecum (saluran pembuangan).
  3.  Pegang pergelangan kaki bayi, lalu tekuk salah satu kaki si kecil dan tekan lembut bagian lututnya ke perutnya. Tahan posisi ini selama beberapa detik. Setelah itu, tarik perlahan kaki tersebut hingga lurus, dan lakukan hal yang sama pada kaki yang lain. Gerakan pijat bayi ini sebenarnya mirip gerakan kaki saat naik sepeda dan bisa membantu untuk melancarkan proses buang air besar pada bayi.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat dan tetap semangat memberi ASI Eksklusif.

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar