Sukses

Batuk-batuk Setelah Berhenti MerokokBatuk-batuk Setelah Berhenti Merokok

27 Jan 2015, 10:58 WIB
Pria, 27 tahun.

saya sudah 1 bulan berhenti merokok tapi kenapa saya malah mengalami batuk2 sama seperti saya mengalami batuk? apakah efek positif berhenti merokok?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Kami sangat menghargai dan mendukung keputusan Anda dalam berhenti merokok. 

Keluhan Batuk masih mungkin merupakan salah satu gejala berhenti merokok (selain itu masih ada pusing, mudah tersinggung, rasa ingin merokok kembali, lemas, depresi, peningkatan berat badan, gejala seperti influenza, batuk, sulit tidur, konstipasi, dsb).

Seperti yang kita ketahui bersama, rokok mengandung zat nikotin yang menyebabkan ketergantungan. Saat seseorang berhenti merokok, sangat normal tubuhnya untuk beradaptasi dan mengalami beberapa gejala berhenti merokok. Yang penting diingat adalah kondisi ini tidak permanen, dan Anda tidak sendiri.

Hampir setiap orang yang berhenti merokok mengalami beberapa dari gejala-gejala ini untuk sementara. Waktu yang diperlukan hingga gejala tersebut hilang adalah sekitar 4 minggu (bila serta merta berhenti) atau lebih lama (bila berhenti secara bertahap). Cobalah lebih rileks, alihkan perhatian Anda dari rokok dan kurangi aktivitas saat mengalami gejala ini. Bila dalam 1-2 hari keluhan tidak membaik segera berobat ke dokter

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar