Sukses

Night Terrorrs atau Teror Tidur

27 Nov 2014, 08:34 WIB
Wanita, 29 tahun.

Dok.. kata istri sy, kalo sy lg capek trs tidur, tidur sy spert org lg ngamuk2.. pdhl sy g mrs sepert itu.. sy mrs tidur sy biasa2 aja.. apakah itu normal dok?? Trims atas jwbnya..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berdasarkan informasi yang telah Anda berikan, kami berasumsi keluhan ini termasuk dalam gangguan tidur. Ada ratusan gangguan tidur yang bisa menyerang semua golongan usia, dan hampir semua (95%) gangguan tidur tidak terdiagnosis. Gangguan tidur sendiri merupakan suatu pola tidur yang mengganggu. Yang termasuk dalam gangguan tidur antara lain sulit tidur, sulit mempertahankan tidur, tidur pada saat yang tidak tepat, waktu tidur yang berlebihan, atau perilaku abnormal yang berkaitan dengan tidur.

Salah satu bentuk dari gangguan ini adalah Night terrors atau teror tidur, dengan gambaran gejala;

  • gejala utama adalah satu atau lebih episode bangun dari tidur, mulai dengan berteriak karena panik, disertai kecemasan yang hebat, seluruh tubuh bergetar, ditambah gejala lain; jantung berdebar-debar, nafas cepat, dan berkeringat.
  • episode ini dapat berulang, setiap episode lamanya 1 - 10 menit, dan biasanya terjadi pada sepertiga awar tidur malam.
  • secara relatif tidak bereaksi terhadap berbagai upaya orang lain untuk mempengaruhi keadaan terror tidurnya
  • ingatan terhadap kejadian, kalaupun ada, sangat minimal (biasanya terbatas pada satu atau dua bayangan-bayangan yang terpilah-pilah

Teror tidur harus dibedakan dari mimpi buruk yang biasanya terjadi setiap saat dalam tidur, mudah dibangunkan, dan teringat dengan jelas kejadiannya. Teror tidur ini sangat berhubungan erat dengan somnabulisme / sleepwalking / berjalan saat tidur, dan seringkali individu menderita keduanya.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar