Sukses

Keluar Dahak Setiap Pagi

04 Apr 2015, 21:56 WIB
Wanita, 30 tahun.

Halo dokter...saya mau konsultasi sedikit dok..saya wanita usia 30th.. pagi ini saat bangun tidur, saya mengeluarkan dahak kental sekali dan ada sedikit bercak darah, kejadian ini udh yg kedua kalinya, dulu waktu pertama kali dahak saya berwarna cokelat, tapi hanya sekali itu saja, dan kejadiannya pun pada saat bangun tidur..saya pernah rontgen paru2 (thorax) tapi Alhamdulillah keadaan paru2 saya bagus dok. bahkan kata doketer yg memeriksa itu hanya otot yg kejang saja. tapi setiap saya tertawa dada sebelah kanan saya sakit, dan setiap bangun tidur seperti ada dahak di sekitar tenggorokan dan dada saya yg susah sekali untuk dikeluarkan..saat ini saya juga tidak sedang batuk ataupun flu, hanya saja ketika bersin, suaranya kencang dan mengeluarkan bau yg tidak enak.. kejadian seperti ini baru saya alami di tahun ini, sebelumnya bersin saya normal saja dok, tidak seperti ada dahak yg menggumpal di dada..

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Banyak hal yang dapat menyebabkan tenggorokan berlendir atau berdahak. Tenggorokan berlendir atau berdahak dapat disebabkan karena infeksi, alergi, iritasi, dan sebagainya. Perokok aktif biasanya memproduksi dahak lebih banyak daripada bukan perokok akibat iritasi yang terjadi akibat zat-zat yang terkandung dalam asap rokok yang dihirup masuk hingga paru-paru.

Pada umumnya banyak obat obatan yang dapat membantu Anda untuk mengeluarkan dahak membandel. Dahak dapat di bantu diencerkan dengan obat minum hingga terapi uap. Namun Anda sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan terapi yang tepat sesuai kondisi Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar