Sukses

Solusi Anak Agar Tetap Aktif

25 Nov 2014, 10:31 WIB
Wanita, 28 tahun.

Dok.. anak sy lahir melalui oprasi cesar.. st lahir dy mengalami kembung dan sesak nafs.. dan hars d rawat.. st lahir suara tangisnya kencang.. tp st d rawat dy mulai jarang nangis.. skrg usianya uda 11bulan.. smp skrg pun dy jrg skali menangis.. dan sangat pendiam, apa yg hars sy lakukan agar anak sy menjd anak yg aktif dok??? .. trim

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa khawatir yang Anda rasakan. Tentunya semua orang tua akan bahagia bila anaknya tumbuh dengan aktif, bahagia, dan ceria. Namun, akan menjadi kendala tersendiri bila anak tidak aktif oleh berbagai hal. Untuk itu, Kami akan memberikan beberapa tips bagi Anda yang meiliki anak dengan usia dibawah 1 tahun agar selalu aktif dan sehat.

  • Ikut serta bermain dengan anak.

Bermain dengan anak adalah solusi terbaik. Anak akan merasa gembira jika Anda bisa ikut bermain dengan mereka. Sangat penting bahwa Anda menetapkan contoh yang baik atau sebagai role model, dan ikt serta dalam beraktivitas akan meningkatkan kesehatan diri Anda juga.

  • Sesuaikan aktifitas yang dilakukan dengan usia Anak.

Jika usia anak masih kecil, lakukanlah kegiatan yang dapat membuat mereka tetap aktif misalnya dengan pergi ke taman bermain baik indoor maupun outdoor, pastikan tidak ada bahaya disekitarnya. Menurut beberapa ahli, membiarkan anak berada disuatu tempat yang cukup luas adalah salah satu cara terbaik untuk membuat anak bergerak. Anda juga dapat mengajak anak bermain dengan benda-benda yang mudah diraihnya atau bermain gelembung.

  • Mainkan Lagu anak-anak yang ceria.

Berdansalah bersama mengikuti irama lagu. Kegiatan ini dapat dengan mudah dilakukan terutama jika sulit untuk beraktivitas diluar rumah (karena hujan atau cuaca yang tidak nyaman)

  • Isi penuh kolam plastik Anak dan biarkan mereka bersenang-senang.

Tentunya kegiatan ini harus penuh dengan pengawasan Anda atau orang dewasa. wink

Masih banyak cara lain yang dapat Anda lakukan sesuai dengan kondisi Anda. Sesibuk apa pun, ajaklah anak bermain dan perkenalkan ia pada variasi permainan sesuai usianya. Yang terpenting adalah aktivitas yang dilakukan menyenangkan untuk anak dan jangan paksa anak melakukan permainan yang tidak disukainya

 

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar