Sukses

Pedikulosis Pubis Atau Kutu pada Kelamin

24 Nov 2014, 16:53 WIB
Pria, 25 tahun.

Dok.. saya mw tanya seberapa bahayanya kutu yang ada di kelamin dan bagaimana cara mengatasinya?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami rasa tidak nyaman yang Anda rasakan. Kutu pada kelamin, atau dalam istilah kedokteran disebut pedikulosis, merupakan bentuk infeksi kulit atau rambut yang disebaban oleh tungau phthirus pubis. Karena letaknya yang di daerah kelamin, disebut dengan pediculosis pubis.

Gejala utama adalah rasa gatal di daerah pubis dan sekitarnya. Rasa gatal ini dapat meluas sampai ke daerah perut dan dada. Pediculus pubis biasanya terlihat pada daerah yang terinfeksi, tetapi kadang-kadang telurnya yang berwarna cokelat,lebih mudah terlihat. Bila parasit yang terdapat pada pakaian dalam sangat banyak  jumlahnya maka dapat menimbulkan bercak-bercak akibat darah yang sudah berubah yang dikeluarkan oleh kutu tersebut. Penularannya terutama terjadi saat berhubungan seksual.

Cara mengatasinya dengan menggunakan obat dalam bentuk krim yang ditujukan untuk membunuh tungau tersebut. Krim dioleskan dan didiamkan selama 24 jam. Pengobatan kemudian diulang 4 hari kemudian. Jika belum sembuh rambut kelamin sebaiknya dicukur, pakaian direbus, dan pasangan seksual diperiksa dan diobati juga.

Untuk mendapatkan obat ini tentunya Anda harus terlebih dahulu memeriksakan diri ke dokter umum atau dokter spesialis Kulit Kelamin.

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar