Sukses

Pasca Operasi Fistula Ani

11 Feb 2015, 20:50 WIB
Wanita, 28 tahun.

Selamat siang dokter, saya ibu rumah tangga usia 28 th. Ingin bertanya pengobatan pasca operasi fistulla ani, yang dialami suami saya (27th) sebulan lalu. Kebetulan penyakit tersebut berada disekitar (maaf) area dekat dubur kira2 jaraknya 1cm dari dubur. Pasca operasi timbul wasir diarea dubur dan hingga kini area bekas luka operasi tersebut tidak kunjung kering. Yang ingin saya tanyakan bagaimana cara merawat luka tersebut agar bisa kering seperti semula, mengingat bahwa daerah dubur sering kali terkena air setiap mandi ataupun sehabis BAB. Dan obat apa yang bisa memperingan wasir tersebut dengan benjolan wasir yang agak besar. Apakah diet yang harus dilakukan suami saya sehingga bisa memperingan pengobatan yang tidak terlalu berlebiha semisal opaerasi kembali. Terima Kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka operasi memang perlu dirawat dengan baik. Waktu penyembuhan luka yang diperlukan setelah operasi bervariasi pada setiap orang, tergantung dari ada tidaknya infeksi, aliran darah ke daerah luka, nutrisi, dan penyakit yang diderita (seperti kencing manis, dll). Dalam keadaan normal, penyembuhan luka operasi dapat memakan waktu selama kurang lebih 6 minggu. 

Untuk mendukung proses penyembuhan luka operasi, suami Anda perlu memperhatikan kebersihan luka operasi agar tidak mengalami infeksi, membatasi aktivitas (tidak melakukan aktivitas yang terlalu berat) dan juga memperhatikan asupan nutrisi yang seimbang. Asupan protein, vitamin A dan vitamin C yang baik dapat membantu proses penyembuhan luka.

Perawatan luka yang baik juga merupakan salah satu faktor penting yang harus diperhatikan untuk mempercepat penyembuhan luka. Pertahankanlah agar luka selalu dalam keadaan bersih, dan tutuplah luka dengan kassa steril selama luka tersebut belum menutup secara sempurna (kassa diganti dua kali dalam sehari). Selama luka masih basah, bersihkan dan kompres dengan kassa lembab yang telah dibasahi cairan infus NaCl 0,9% atau air masak yang bersih minimal 2x/hari. Ketika akan mengganti kassa, jangan lupa membasahi kassa sedikit agar tidak lengket dan menimbulkan luka baru. 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar