Sukses

Penyakit Hipotiroid Keturunan?

25 Nov 2014, 11:01 WIB
Wanita, 27 tahun.

Saya mempunyai pasangan dengan penyakit hipotiroid yg sudah diderita sejak kecil. Kedua orang tuanya normal, namun saudara dari kakek pasangan saya juga mengalami kondisi serupa. Yg mau saya tanyakan, apakah penyakit pasangan saya tergolong genetik? Kalo benar berapa besar kemungkinan kondisi itu diturunkan pada keturunannya? Apa ada pemeriksaan yg bs dilakukan utk mengetahuinya? Dimana saya bisa melakukan pemeriksaan itu? Terimakasih sebelumnya.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Oleh karena itu, ijinkan kami menjelaskan sedikit mengenai hipotiroid. Pada dasarnya kelenjar tiroid adalah bagian dari sistem endokrin yang berlokasi di leher bagian depan. Kelenjar ini menghasilkan hormon yang membantu mengkoordinasikan banyak fungsi tubuh sekaligus mempengaruhi pertumbuhan dan metabolisme.

Hormon yang dikeluarkan kelenjar tiroid juga berperan dalam perkembangan normal organ seperti jantung dan otak, serta untuk fungsi reproduksi normal. Jumlah produksi hormon yang tepat penting pula untuk metabolisme tulang dan kalsium. Hipotiroid adalah suatu kondisi di mana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormon tiroid dalam jumlah yang cukup. Hormon T3 yang rendah bisa dikategorikan hipotiroid. 

Kongenital didalam bahasa kedokteran berarti kondisi yang muncul sejak didalam kandungan dalam hal ini hipotiroid kongenital. Kami tidak dapat memastikan apa yang menjadi penyebab dari hipotiroid yang Anda alami, tanpa melakukan wawancara medis dengan lengkap dan tanpa pemeriksaan fisik. Oleh karena itu kami menyarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan dan dokter anak Anda, agar kondisi yang dialami dapat ditangani secara maksimal. 

Hipotiroid merupakan penyakit keturunan, jika salah satu anggota keluarga menderita hipotiroid maka ada kesempatan didalam keluarga untuk menderita gangguan hipotiroid atau bahkan ada kemungkinan gangguan tiroid yang lain.

Untuk mengetahui apakah terdapat gangguan tiroid, Anda dapat melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah hormon T3, T4 dan TSH. 

Berikut artikel-artikel untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar